Manajemen Pengembangan Kurikulum Madrasah Terintegrasi Dengan TPQ Guna Meningkatkan Pendidikan Yang Religius Bagi Peserta Didik Di MI Sullam Taufiq Kajen

Adawiyah, Laila Robi’ah Al (2025) Manajemen Pengembangan Kurikulum Madrasah Terintegrasi Dengan TPQ Guna Meningkatkan Pendidikan Yang Religius Bagi Peserta Didik Di MI Sullam Taufiq Kajen. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321024_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (687kB)
[img] Text
2321024_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2321024_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan kurikulum yang sering terjadi mengikuti perubahan zaman sehingga berdampak pada perubahan perilaku belajar manusia. Dari perubahan zaman inilah menyebabkan generasi penerus bangsa mengalami penurunan minat budaya membaca dan memahami Al Qur’an yang berakibat pada pembentukan karakter religius anak. Sehingga evolusi pendidikan dengan mengintegrasikan kurikulum madrasah dengan TPQ terbilang relevan. MI Sullam Taufiq Kajen telah berkomitmen untuk menerapkan pengembangan kurikulum madrasah terintegrasi dengan TPQ menjadi program unggulan. Sehingga dalam pelaksanaannya tentu menerapkan fungsi-fungsi manajemen. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang dilakukan oleh MI Sullam Taufiq Kajen dalam mengembangkan kurikulum madrasah terintegrasi dengan TPQ guna meningkatkan pendidikan yang religius bagi peserta didik. Dengan tujuan untuk mendeskripsikan rumusan masalah tersebut. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian kepala sekolah, koordinator bidang TPQ, dan beberapa peserta didik dari kelas 3-6. Data sekunder di dapat dari dokumen terkait kurikulum dan proses pembelajaran. Kemudian pada teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis melalui tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dalam manajemen pengembangan kurikulum madrasah terintegrasi dengan TPQ adalah 1.) Perencanaan dalam menetapkan keunggulan madrasah melihat dari sisi pekerjaan orangtua yang banyak pulang sore. Terdiri dari pembuatan visi misi, tujuan, target dan penetapan prosedur pengelolaan pembelajaran yang terintegrasi dengan TPQ realnya membuat silabus dan RPP. 2.) Pengorganisasian pengembangan kurikulum madrasah dengan kurikulum TPQ sendiri-sendiri meskipun saling bekerja sama serta pembagian jam mengajar dengan pembelajaran TPQ masuk pada program intrakurikuler. 3.) Pelaksanaan pengembangan kurikulum TPQ ada yang pagi dan siang hari, kemudian proses pembelajaran TPQ sampai penilaiannya yang bekerjasama dengan Yanbu’a, disisni strategi dalam penerapan karakter religius melalui pembiasaan program, integrasi pada semua mata pelajaran, dan sebagainya. 4.) Pengawasan dilakukan pada evaluasi pembelajaran dengan supervisi dan koesioner, untuk evaluasi kurikulum madrasah dilakukan rapat antara orang tua, komite, dan guru secara berkala

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAfroni, AkhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen pengembangan kurikulum, TPQ, karakter religius
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 13 Nov 2025 08:23
Last Modified: 13 Nov 2025 08:23
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16189

Actions (login required)

View Item View Item