Fajri, Intan Aprilliana (2025) Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Konten dan Proses Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Materi Magnet, Listrik Dan Teknologi untuk Kehidupan Kelas 5 SDN 01 Sastrodirjan Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
20322101_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (867kB) |
|
|
Text
20322101_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
20322101_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran di sekolah dasar masih cenderung menyamaratakan kemampuan dan gaya belajar siswa tanpa memperhatikan karakteristik individual, sehingga menimbulkan ketimpangan hasil belajar. Pembelajaran berdiferensiasi konten dan proses menjadi solusi karena memungkinkan guru menyesuaikan materi dan metode sesuai kesiapan, minat, dan profil belajar siswa, sehingga lebih relevan dan bermakna. Rumusan masalah penelitian ini meliputi: bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi magnet, listrik, dan teknologi untuk kehidupan sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran berdiferensiasi, serta bagaimana pengaruh pembelajaran tersebut terhadap hasil belajar siswa kelas 5 SDN 01 Sastrodirjan Kabupaten Pekalongan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perubahan hasil belajar dan pengaruh pembelajaran berdiferensiasi konten dan proses terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen dan desain One Group Design (pretest, treatment, posttest). Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan tes, dengan instrumen tes sebagai alat pengukuran. Data dianalisis menggunakan regresi linier sederhana dengan bantuan IBM SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diterapkannya pembelajaran berdiferensiasi konten dan proses, hasil belajar siswa masih tergolong rendah hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata pretest yaitu 57 (minimal 30, maksimal 90). Setelah penerapan pembelajaran berdiferensiasi konten dan proses, hasil belajar siswa meningkat hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata posttes yaitu 77 (minimal 50, maksimal 100). Maka, hipotesis dari penelitian ini adalah Ha diterima dan H0 ditolak, karena penerapan pembelajaran berdiferensiasi konten dan proses berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, dibuktikan dengan uji t yang menghasilkan nilai P = 0,000 < 0,05.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berdiferensiasi, Konten, Proses, Hasil Belajar, IPAS | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 07:50 | ||||||||
| Last Modified: | 13 Nov 2025 07:50 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16220 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
