Efektivitas Penerapan Berpikir Komputasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X di SMK Negeri 4 Kota Pekalongan

Nugroho, Bakti Adi (2025) Efektivitas Penerapan Berpikir Komputasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X di SMK Negeri 4 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2621003_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2621003_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2621003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran Matematika, Quasi Eksperimen Pembelajaran matematika di abad ke-21 menuntut pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi, untuk meningkatkan kemampuan itu memerlukan sebuah strategi pembelajaran yang cocok bagi para siswa. Dari banyaknya strategi pembelajaran yang sering digunakan salah satunya adalah berpikir komputasi. Berpikir komputasi mencakup kemampuan dekomposisi, abstraksi, pengenalan pola, dan perancangan algoritma, yang berperan penting dalam mendukung proses penyelesaian masalah secara sistematis. Namun, implementasinya dalam pembelajaran matematika masih belum optimal, khususnya di Indonesia. Dalam observasi peneliti di SMK Negeri 4 Kota Pekalongan menunjukkan bahwa proses pembelajaran masih bersifat konvensional dengan ekspositori belum menggunakan berpikir komputasi, ekspositori ini dilakukan dengan ceramah secara monoton. Prosesnya biasanya terbatas pada guru yang menyampaikan materi, memberikan soal latihan, memeriksa tugas siswa, dan memberikan pekerjaan rumah. Akibatnya, siswa kurang tertarik untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah mereka. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengkaji “Efektivitas Penerapan Berpikir Komputasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X di SMK Negeri 4 Kota Pekalongan ” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan berpikir komputasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa kelas X SMK Negeri 4 Pekalongan dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan berpikir komputasi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimen yaitu non-equivalent control group design. Desain ini menggunakan kelas A sebagai kelas kontrol dan kelas B sebagai kelas Eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah mencari data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan uji n-gain, uji normalitas, reliabilitas, uji-t (independent t-test), untuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berpikir komputasi dalam pembelajaran matematika efektif terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa. Pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan berpikir komputasi memberikan peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Pada kelas eksperimen, memberikan nilai rata-rata siswa meningkat dari 42,57 menjadi 82,14, sedangkan pada kelas kontrol meningkat dari 41,25 menjadi 76,94. peningkatan yang lebih tinggi pada kelas eksperimen menunjukan bahwa siswa lebih memahami tahapan dalam penyelesaian masalah. Hasil uji N-Gain sebesar 0,67 termasuk dalam kategori sedang, karena berada dalam rentang 0,30≤g<0,70. Hasil analisis statistik melalui uji independent samples t-test menunjukan bahwa berpikir komputasi efektif terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa. Pada uji kemampuan awal (pretest) diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,596>0,05 yang berarti tidak terdapat perbedaan kemampuan awal antara kedua kelas. Namun, pada uji kemampuan akhir (posttest), nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,019<0,05 yang menunjukan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelas. Dengan demikian, penerapan berpikir komputasi efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNalim, Nalim197801052008011019UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Berpikir Komputasi, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pembelajaran Matematika, Quasi Eksperimen
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 13 Nov 2025 02:40
Last Modified: 13 Nov 2025 02:40
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16260

Actions (login required)

View Item View Item