Hubungan penggunaan gadget dengan sikap emosional siswa kelas viii mts ymi Wonopringgo Kabupaten Pekalongan

Dzikriyah, Dzikriyah (2020) Hubungan penggunaan gadget dengan sikap emosional siswa kelas viii mts ymi Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Dzikriyah. 2020. Hubungan Penggunaan Gadget dengan Sikap Emosional siswa Kelas VIII MTs YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Skripsi Jurusan Tarbiyah/Prodi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam (IAIN) Pekalongan. Dosen Pembimbing: Dr H. Salafudin, M.Si. Kata Kunci: Penggunaan Gadget dan Sikap Emosional Siswa. Sikap emosional anak remaja di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang secara perkembangan emosional masih membutuhkan perhatian, bimbingan dan keteladanan dari orang yang lebih dewasa, tentunya keberadaan gadget dengan beragam tayangan acara yang ditampilkannya menjadi faktor perkembangan anak yang begitu sangat kuat pengaruhnya terhadap perilaku atau sikapnya. Sikap anak remaja sangat rentan dengan pengaruh dari luar yang terkadang mengalahkan nasehat dari orang tua maupun guru-gurunya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penggunaan gadget oleh siswa kelas VIII di MTs YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan? Bagaimana sikap emosional siswa siswa kelas VIII di MTs YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan? Apakah terdapat hubungan penggunaan gadget dengan sikap emosional siswa kelas VIII di MTs YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan? Adapun tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui: Penggunaan gadget oleh siswa kelas VIII di MTs YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Sikap emosional siswa siswa kelas VIII di MTs YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Terdapat atau tidaknya hubungan penggunaan gadget dengan sikap emosional siswa kelas VIII di MTs YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan, dengan pendekatan kuantitatif yaitu analisisnya pada bentuk angka atau bilangan. Metode yang digunakan dengan metode observasi berupa pengamatan, metode angket berupa pertanyaan terstruktur, metode interview berupa wawancara dan metode dokumentasi berupa data lapangan. Analisis data menggunakan uji statistik dengan rumus product moment yang selanjutnya mengkonsultasikan nilai rtes baik pada taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan penggunaan gadget dengan sikap emosional siswa kelas VIII MTs YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan dengan perhitungan rxy = 0,457 pada taraf signifikan 5% rtabel = 0,349 berarti rtxy > rtabel (0,457 > 0,349). Jadi dapat disimpulkan bahwa pada taraf signifikan 5 % penggunaan gadget mempunyai hubungan yang cukup siginifikan terhadap sikap emosional siswa kelas VIII MTs YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan (Ha diterima dan Ho ditolak).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSalafuddin, SalafudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Gadget dan Sikap Emosional Siswa.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Depositing User: Noorma Fitriana M. Zain
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:14
Last Modified: 15 Aug 2022 02:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1627

Actions (login required)

View Item View Item