Pengaruh Order Fiktif, Shopeepay Dan Ulasan Pembeli Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Di E-Commerce Shopee (Studi Kasus Pada Masyarakat Kesesi Kabupaten Pekalongan)

Wijoyo, Teguh (2025) Pengaruh Order Fiktif, Shopeepay Dan Ulasan Pembeli Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Di E-Commerce Shopee (Studi Kasus Pada Masyarakat Kesesi Kabupaten Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4121185_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (908kB)
[img] Text
4121185_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
4121185_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (929kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan dalam aktivitas jual beli secara daring, salah satunya melalui e-commerce Shopee. Shopee menjadi salah satu platform e-commerce yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia, termasuk masyarakat Muslim, karena kemudahan, keamanan, dan beragamnya produk yang ditawarkan. Namun, fenomena seperti order fiktif, metode pembayaran digital seperti ShopeePay, serta ulasan pembeli menjadi faktor penting yang dapat memengaruhi keputusan pembelian konsumen Muslim. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh order fiktif, ShopeePay, dan ulasan pembeli terhadap keputusan pembelian konsumen Muslim di e-commerce Shopee (studi kasus pada masyarakat Kesesi, Kabupaten Pekalongan). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Data primer dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yaitu konsumen Muslim yang telah melakukan pembelian di Shopee minimal dua kali. Analisis data dilakukan menggunakan software IBM SPSS Statistics 25 melalui uji t (parsial), uji F (simultan), dan koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel ShopeePay dan ulasan pembeli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Muslim, sedangkan variabel order fiktif tidak berpengaruh signifikan. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,116 menunjukkan bahwa 11,6% variasi keputusan pembelian dijelaskan oleh order fiktif, ShopeePay, dan ulasan pembeli, sedangkan sisanya sebesar 88,4% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Kata kunci : Order Fiktif, ShopeePay, Ulasan Pembeli, Keputusan Pembelian, Konsumen Muslim.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNingtyas, Jilma Dewi AyuUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Order Fiktif, ShopeePay, Ulasan Pembeli, Keputusan Pembelian, Konsumen Muslim.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 13 Nov 2025 02:17
Last Modified: 13 Nov 2025 02:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16286

Actions (login required)

View Item View Item