Almira, Aufa Zulfa (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Materi Indonesiaku Kaya Budaya Muatan Ipas Kelas Iv Sdn Waru Lor. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
20322029_C0VER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (10MB) |
|
|
Text
20322029_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
20322029_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Pada materi pembelajaran IPAS harus disederhanakan sesuai kemampuan siswa, maka secara tidak langsung IPAS harus memiliki konsep yang mampu menjawab sebagian topik IPAS dan pada Kurikulum Merdeka implementasi Pembelajaran IPAS sangat dibutuhkan persiapan guru yang optimal, seperti adanya buku pedoman dalam menjalankan kegiatan belajar siswa, guru dapat mengembangkan media menjadi pelengkap dalam proses pembelajaran, serta guru juga dapat mengembangkan kreativitas yang dimilikinya dalam proses pembelajaran. Namun kenyataannya pada materi Indonesiaku kaya Budaya muatan IPAS, guru dan siswa mengalami kendala. Hal tersebut sejalan dengan hasil awal observasi yang peneliti lakukan terhadap buku paket IPAS kurikulum merdeka dan hasil wawancara guru kelas IV SDN Waru Lor terkait minimnya sarana pendukung dan kurangya pengalaman dan pemahaman guru dalam membuat media pembelajaran inovatif yang masih perlu ditingkatkan lagi. permasalahan tersebut berkaitan dengan minimnya media pembelajaran berbasis visual yang berkaitan dengan pembelajaran IPAS masih sangat minim. Mengatasi kendala tersebut, maka dibutuhkan media pembelajaran pop-up book pada materi Indonesiaku kaya Budaya Muatan IPAS. Rumusan masalah pada peneltian ini adalah bagaimana pengembangan media pop-up book pada materi Indonesiaku Kaya Budaya Muatan IPAS, validitas, dan kepraktisan media pembelajaran pop-up book pada materi Indonesiaku Kaya Budaya Muatan IPAS pada peserta didik kelas IV SDN Waru Lor. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran pop-up book pada materi Indonesiaku Kaya Budaya Muatan IPAS, serta untuk mengetahui validitas dan kepraktisan media pembelajaran pop-up book pada materi Indonesiaku Kaya Budaya Muatan IPAS untuk peserta didik kelas IV SDN Waru Lor. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE atau Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif untuk menilai validitas dan kepraktisan media pembelajaran pop-up book yang telah dikembangkan. Pengembangan media pembelajaran pop-up book dengan menggunakan model ADDIE melalui tahap Analysis (analisis), Design (desain), Development
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Pop-Up Book, IPAS | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 03:19 | ||||||||
| Last Modified: | 13 Nov 2025 03:19 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16289 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
