Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Blok Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 01 Sastrodirjan

Ardiana, Lulu (2025) Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Blok Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 01 Sastrodirjan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
20322047_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20322047_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
20322047_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga blok pecahan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 01 Sastrodirjan, serta seberapa besar pengaruh penggunaan alat peraga blok pecahan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 01 Sastrodirjan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain pre-eksperimen one group pretest-posttest design. Sampel penelitian terdiri dari 32 siswa kelas IV SDN 01 Sastrodirjan. Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest, serta dianalisis menggunakan uji-t berpasangan (Paired Sample T-Test) dan uji N-Gain. Hasil uji-t menunjukkan nilai thitung -8,715 > ttabel -1,696 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh signifikan penggunaan alat peraga blok pecahan terhadap hasil belajar matematika siswa. Hasil uji N-Gain menunjukkan nilai mean sebesar 0,4306 yang termasuk dalam kategori sedang, dengan pengaruh hasil belajar sebesar 43,06%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga blok pecahan berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 01 Sastrodirjan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Terdapat Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Blok Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 01 Sastrodirjan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRini, JuwitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Alat peraga blok pecahan, Hasil Belajar Matematika
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 13 Nov 2025 08:46
Last Modified: 13 Nov 2025 08:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16291

Actions (login required)

View Item View Item