Syahan, Muhammad Faiq (2025) Efektivitas Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Vocabulary Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas IV di MI Al Amin Kalibeluk. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2320131_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2320131_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
2320131_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penggunaan metode pembelajaran interaktif kurang yang menyebabkan terjadinya hasil belajar yang rendah. Hal ini menjadi salah satu masalah yang cukup serius. Dalam proses pembelajaran, metode berfungsi sebagai cara atau teknik yang digunakan guru untuk menyampaikan materi pelajaran kepada siswa, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Pada kelas IV di MI Al Amin Kalibeluk, hasil belajar masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan karna guru yang masih banyak menggunakan metode ceramah daripada menggunakan metode pembelajaran interaktif. Adapun rumusan masalah yaitu bagaimana penerapan metode bernyanyi dan bagaimana keefektifan metode bernyanyi pada mata pembelajaran Bahasa Inggris siswa kelas IV di MI Al Amin Kalibeluk. Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui penerapan metode bernyanyi dan keefektifan metode bernyanyi terhadap hasil belajar pada mata pembelajaran Bahasa Inggris siswa kelas IV di MI Al Amin Kalibeluk. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan One Group Pretest-Posttest. Teknik Sampling jenuh digunakan untuk memilih sampel. Untuk mengumpulkan data tes dan dokumentasi digunakan. Uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t test, dan uji N-Gain adalah teknik analisis yang digunakan. Hasil menunjukkan bahwa data pretest-posttest terdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Sig. 0,000 < 0,05. Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil presentase 56,5% dan termasuk kategori cukup efektif, menurut analisis N-Gain. Dengan demikian hasil belajar siswa kelas IV dapat dinyatakan cukup efektif dengan menggunakan metode bernyanyi.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Metode Bernyanyi, Hasil Belajar, Vocabulary | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 03:40 | ||||||||
| Last Modified: | 14 Nov 2025 03:40 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16305 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
