Investigating Senior High School Students’ Difficulties In Writing Recount Text

Haryanto, Iqbal (2025) Investigating Senior High School Students’ Difficulties In Writing Recount Text. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2521084_COVER BAB I & V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2521084_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2521084_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini meneliti kesulitan yang dihadapi oleh siswa sekolah menengah atas dalam menulis teks recount. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang melibatkan empat siswa dari salah satu sekolah menengah atas di Pekalongan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menghadapi beberapa kesulitan dalam menulis teks recount, antara lain masalah tata bahasa, keterbatasan kosakata, pengorganisasian ide yang kurang baik, kurangnya motivasi, waktu yang tidak memadai, dan kurangnya latihan. Untuk mengatasi kesulitan tersebut, siswa menerapkan strategi brainstorming dan freewriting yang membantu mereka menghasilkan ide serta mengurangi kecemasan dalam menulis. Penelitian ini menyarankan agar guru memberikan waktu yang cukup untuk latihan menulis, mengintegrasikan strategi kreatif, dan memberikan umpan balik yang lebih banyak untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRokhuma, Chubbi MillatinaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: kesulitan menulis, teks recount, brainstorming, freewriting, siswa sekolah menengah atas
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 13 Nov 2025 06:44
Last Modified: 13 Nov 2025 06:44
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16307

Actions (login required)

View Item View Item