Syifa, Anisa Nurul (2025) Efektivitas Model Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Jam Pecahan Desimal (JAMPEDE) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Pecahan dan Desimal di MSI 01 Kauman Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2321018_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
2321018_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (350kB) |
|
|
Text
19 LAMPIRANN SKRIPSII ANISAAA OKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (978kB) |
Abstract
Dari hasil observasi lapangan di MSI 01 Kauman Pekalongan, pembelajaran kelas V masih berpusat pada guru. Sehingga siswa kurang berpartisipasi dan cenderung pasif dalam proses belajar. Hal ini menunjukkan bahwa masih jarang guru menggunakan model pembelajaran kreatif. Guru hanya menggunakan ceramah dan penugasan yang menyebabkan siswa tampak kesulitan memahami konsep pecahan karena sangat menantang untuk dipahami. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang kreatif dan interaktif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi tersebut. Adapun rumusan masalah ini adalah bagaimana hasil belajar siswa kelas V pada materi pecahan dan desimal sebelum diterapkannya pembelajaran model Team Games Tournament, bagaimana hasil belajar siswa kelas V pada materi pecahan dan desimal setelah diterapkannya pembelajaran model Team Games Tournament, dan bagaimana efektivitas pembelajaran model Team Games Tournament berbantuan Jam Pecahan Desimal (JAMPEDE) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada materi pecahan dan desimal di MSI 01 Kauman Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil belajar siswa kelas V pada materi pecahan dan desimal sebelum dan setelah diterapkannya pembelajaran model Team Games Tournament serta menganalisis seberapa efektif model Team Games Tournament berbantuan Jam Pecahan Desimal di MSI 01 Kauman Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metode pre-experimental design jenis one group pretest-posttest design. Subjek penelitian menggunakan tes (pretest-posttest), angket, serta dokumentasi. Analisis data meliputi uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis menggunakan Paired Sample T-Test menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test sebesar 45,8 meningkat menjadi 75,4 pada posttest, selisih sebesar 29,6 poin. Hasil uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan model TGT berbantuan JAMPEDE. Selain itu hasil angket respon siswa memperoleh nilai rata-rata 3,55 dalam kategori sangat baik, yang menunjukkan bahwa siswa menilai pembelajaran dengan model TGT berbantuan JAMPEDE menarik, menyenangkan dan mempermudah pemahaman materi. Dapat disimpulkan Model TGT berbantuan JAMPEDE efektif terhadap hasil belajar siswa kelas V pada materi pecahan dan desimal di MSI 01 Kauman Pekalongan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Model Team Games Tournament, Jam Pecahan Desimal (JAMPEDE), Hasil Belajar, Matematika, Siswa Sekolah Dasar. | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 06:53 | ||||||||
| Last Modified: | 13 Nov 2025 06:53 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16310 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
