Tirrisala, Laila Kamala (2025) Pengaruh Pengetahuan, Motivasi, dan Promosi terhadap Keputusan Menabung Masyarakat di Bank Syariah (Studi Kasus Masyarakat Desa Kebonsari Kabupaten Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
4121134_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
4121134_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
4121134_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Fenomena rendahnya minat masyarakat untuk menabung di bank syariah menunjukkan masih perlunya peningkatan pemahaman dan kepercayaan terhadap sistem perbankan syariah. Hal ini mendorong perlunya penelitian mengenai faktor-faktor yang memengaruhi keputusan masyarakat dalam menabung di bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, motivasi, dan promosi terhadap keputusan masyarakat menabung di bank syariah pada masyarakat Desa Kebonsari Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 62 masyarakat desa kebonsari yang berumur 27-30 tahun yang menabung di bank syariah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis yang digunakan yaitu uji regresi linier berganda. Data pada penelitian ini diolah menggunakan spss 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial (uji t), variabel pengetahuan, motivasi, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung masyarakat di bank syariah. Hal ini ditunjukkan oleh nilai t-hitung pengetahuan sebesar 5,813, motivasi sebesar 4,391 dan promosi sebesar 5,659 dengan nilai signifikansi dari ketiga variabel tersebut 0,000, yang seluruhnya lebih besar dari t-tabel 2,002 serta berada di bawah tingkat signifikansi 0,05. Selanjutnya, hasil uji simultan (uji F) juga menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung masyarakat di bank syariah, yang ditunjukkan melalui nilai F-hitung sebesar 40,281 lebih besar dari F-tabel sebesar 2,76 dengan nilai signifikansi 0,000. Kata Kunci: Pengetahuan, Motivasi, Promosi, Keputusan Menabung. ABSTRACT LAILA KAMALA TIRRISALA. The Influence of Knowledge, Motivation, and Promotion on People's Saving Decisions in Islamic Banks (Case Study of the Kebonsari Village Community, Pekalongan Regency) The phenomenon of low public interest in saving in sharia banks indicates the need to improve understanding and trust in the sharia banking system. This necessitates research into the factors influencing people's decisions to save in sharia banks. This study aims to determine the influence of knowledge, motivation, and promotion on people's decisions to save in sharia banks in the Kebonsari Village community, Pekalongan Regency. This study employed a quantitative approach with field research. The sample consisted of 62 residents of Kebonsari Village aged 27-30 who saved at a Sharia bank. Data collection was conducted using a questionnaire. The analytical method used was multiple linear regression. Data were processed using SPSS 24. The results of the study indicate that partially (t-test), the variables of knowledge, motivation, and promotion have a positive and significant effect on people's savings decisions in Islamic banks. This is indicated by the calculated t-value of knowledge of 5.813, motivation of 4.391 and promotion of 5.659 with a significance value of 0.000 for the three variables, all of which are greater than the t-table of 2.002 and below the significance level of 0.05. Furthermore, the results of the simultaneous test (F-test) also show that the three variables together have a positive and significant effect on people's savings decisions in Islamic banks, which is indicated by the calculated F-value of 40.281 which is greater than the F-table of 2.76 with a significance value of 0.000. Keywords: Knowledge, Motivation, Promotion, Savings Decisions.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Pengetahuan, Motivasi, Promosi, Keputusan Menabung. | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 06:20 | ||||||||
| Last Modified: | 13 Nov 2025 06:20 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16314 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
