Stategi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam mendukung Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Siswa Kelas IV di SDN 01 Jetakkidul Kabupaten Pekalongan

Khasanah, Uswatun (2025) Stategi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam mendukung Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Siswa Kelas IV di SDN 01 Jetakkidul Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321194_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (808kB)
[img] Text
2321194_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2321194_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Strategi pembelajaran memiliki peran yang penting dalam pendidikan, karena dengan adanya strategi pembelajaran yang telah direncanakan akan mempermudah mencapai tujuan pembelajaran. Pendidikan inklusif menjamin hak setiap anak, termasuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Untuk memperoleh pendidikan yang bermutu. SDN 01 Jetakkidul Kabupaten Pekalongan adalah salah satu sekolah penyelenggara Pendidikan inklusif yang didalamnya terdapat siswa ABK. Khususnya di Kelas IV yang terdiri dari 2 siswa tunarungu dan 2 Siswa Tunagrahita. Keberagaman Karakteristik dan kebutuhan belajar siswa ABK ini menuntut guru untuk menerapkan strategi pembelajaran yang tepat. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam mendukung Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) siswa kelas IV di SDN 01 Jetakkidul Kabupaten Pekalongan. 2) Apa saja kesulitan yang dihadapi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) siswa kelas IV di SDN 01 Jetakkidul Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data melalui observasi mendalam dengan guru kelas IV, kepala sekolah, orang tua dan siswa ABK. Serta studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles, Huberman, dan Saldana yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian yang saya lakukan di SDN 01 Jetakkidul Kabupaten Pekalongan menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berdiferensiasi telah diimplementasikan oleh Guru kelas IV di SDN 01 Jetakkidul Kabupaten Pekalongan dengan menyesuaikan tiga pilar utama diferensiasi. Hal ini yaitu 1) Diferensiasi Konten Guru menyederhanakan materi pelajaran dengan menggunakan kalimat pendek, bahasa yang konkret, dan memperbanyak penggunaan media visual seperti gambar, kartu kata, dan video berteks. Hal ini terbukti efektif membantu siswa tunarungu yang mengandalkan visual dan siswa tunagrahita yang membutuhkan contoh nyata untuk memahami konsep abstrak, 2) diferensiasi proses maksudnya proses pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan individu. Untuk siswa tunarungu guru menggunakan tatap muka agar siswa membaca gerak bibir, dibantu bahasa tubuh . sedangkan untuk anak tunagrahita guru menetapkan metode pengulangan materi, pemberian inntruksi , serta memberikan pendampingan personal. 3) Diferensiasi Produk adalah penilaian hasil belajar tidak disamakan dengan siswa Reguler. Siswa tunarungu berdasarkan pemahaman gambar, sedangkan siswa tunagrahita berdasar partisipasi menyelesaikan tugas. Adapun kesulitan yang dihadapi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) antaralain , siswa tunarungu terhambat pada komunikasi verbal saat guru berbicara dengan tempo cepat. Hal ini menjadikan anak tunarungu kurang berpartisipasi dalam diskusi kelompok. Kemudian kesulitan yang muncul pada anak tunagrahita adalah daya konsentrasi mereka yang rendah , daya ingat yang terbatas, sulit memahami materi dengan konsep abstrak dan mereka memerlukan pengulangan materi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAbidin, Mohamad YasinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Berdiferensiasi, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 14 Nov 2025 01:07
Last Modified: 14 Nov 2025 01:07
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16328

Actions (login required)

View Item View Item