Strategi Guru Dalam Mengatasi Hambatan Kegiatan Belajar Di Kelas VI MIA NU Al- Utsmani, Kajen

Azqia, Sinta Amalia (2025) Strategi Guru Dalam Mengatasi Hambatan Kegiatan Belajar Di Kelas VI MIA NU Al- Utsmani, Kajen. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320148_COVER BAB I DAN BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2320148_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2320148_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (715kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Hambatan dalam kegiatan belajar bisa mencakup berbagai masalah. Memahami dan mengatasi hambatan ini sangat penting yang bertujuan agar proses belajar mengajar bisa berjalan lebih efektif. Oleh karena itu, strategi yang diterapkan guru untuk mengatasi berbagai kendala menjadi sangat relavan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apa saja hambatan siswa dalam kegiatan belajar di kelas VI MIS NU AL-UTSMANI serta Bagaimana strategi guru dalam mengatasi hambatan proses belajar siswa di kelas VI MIS NU AL-UTSMANI dengan tujuan memahami hambatan siswa dan strategi untuk mengatasi hambatan kegiatan belajar siswa di kelas VI MIS NU AL-UTSMANI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan, dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VI A,B dan C. Sumber sekunder dari penelitian ini adalah jurnal yang relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan yang dialami siswa memiliki beberapa faktor yaitu: motivasi belajar yang rendah, perubahan sikap menuju remaja, kurangnya perhatian orangtua terhadap belajar siswa, kondisi kelas yang berisik menyebabkan siswa lainnya terganggu, dan penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal. Strategi yang dilakukan guru untuk mengatasinya yaitu: meminta siswa fokus dalam pembelajaran, memberikan motivasi siswa supaya tidak malas belajar, menjalin kerja sama dengan orangtua suapaya siswa mendapatkan hasil nilai yang maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAbdullah, ZuhairUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hambatan, Strategi.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Nov 2025 04:17
Last Modified: 18 Nov 2025 04:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16346

Actions (login required)

View Item View Item