Efektifitas Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Di MI Sudirman Panjang Wetan Pekalongan

Maulana, Salwa Nisa (2025) Efektifitas Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Di MI Sudirman Panjang Wetan Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
20322045_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20322045_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
20322045_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Pada kelas VI-A di MI Sudirman menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa, terutama pada mata pelajaran PPKn. Jika hanya dengan menggunakan pembelajaran Student Center menimbulkan kekhawatiran bahwa siswa yang pasif saat proses pembelajaran dapat tertinggal dan tidak memahami pelajaran yang diajarkan oleh guru. Untuk mengetahui seberapa baik siswa memahami materi yang telah diberikan, peneliti ingin melakukan penelitian dengan model Problem Based Learning dalam pembelajaran PPKn. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana perbedaan pemahaman sebelum dan sesudah menerapkan model Problem Based Learning terhadap mata pelajaran PPKn materi “Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila” ?, 2) Bagaimana efektivitas model Problem Based Learning dalam mata pelajaran PPKn pada materi “Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila” ?. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui perbedaan pemahaman sebelum dan sesudah menerapkan model Problem Based Learning pada mata pelajaran PPKn materi “Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila”. 2) Untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning dalam mata pelajaran PPKn pada materi “Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode pengumpulan data tes dengan desain one group pretest post test dan observasi. Populasi pada penelitian ini yaitu 52 siswa kelas VI di MI Sudirman. Sedangkan sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas VI-A yang terdiri dari 26 siswa. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Terdapat perbedaan antara sebelum menerapkan model problem based learning dengan sesudah menerapkan model problem based learning. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji Paired Sample T-test yang digunakan Dalam uji paired sample t-test dengan menggunakan 2 tailed mendapatkan hasil signifikasi 0,000. lebih kecil dari 0,05 yang dimana H_0 ditolak dan H_α diterima . Artinya bahwa terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah menerapkan model problem based learning. 2) Model problem based learning efektif dalam meningkatkan pemahaman materi peserta didik. Hal ini dapat terbukti dengan menggunakaan uji N-Gain Dalam melakukan uji N-gain pada saat pretest dan post test memperoleh rata-rata sebesar 0,6058 yang dimana tergolong efektif digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAini, RofiqotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Efektivitas, Pemahaman.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Nov 2025 01:54
Last Modified: 18 Nov 2025 01:54
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16365

Actions (login required)

View Item View Item