ANALISIS KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV B MI SALAFIYAH SIDOREJO

MADINATUL ILMA, NURUL (2025) ANALISIS KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV B MI SALAFIYAH SIDOREJO. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
COVER_BAB I_BAB V_NURUL MADINATUL ILMA.pdf

Download (6MB)
[img] Text
NURUL MADINATUL ILMA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text
LAMPIRAN_NURUL MADINATUL ILMA.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Nurul, Madinatul Ilma. 2025. Komunikasi Interpersonal Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV B MI Salafiyah Sidorejo. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Islam Negeri (UIN) K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: Dr. Hj. Nur Khasanah, M.Ag Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Guru Matematika, Prestasi Belajar Matematika Pendidikan merupakan unsur utama dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Dalam proses pembelajaran, guru tidak hanya berperan sebagai penyampai materi, tetapi juga berperan sebagai pembimbing yang menciptakan suasana belajar yang positif melalui komunikasi interpersonal yang efektif. Komunikasi yang baik antara guru dan siswa menjadi faktor penting dalam keberhasilan pembelajaran, terutama pada mata pelajaran matematika yang sering dianggap sulit dan menimbulkan kecemasan belajar sehingga berdampak pada rendahnya prestasi siswa di banyak sekolah. Namun, kondisi tersebut berbeda di MI Salafiyah Sidorejo, di mana prestasi matematika siswa tergolong baik. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menjalin komunikasi interpersonal yang hangat, memberikan motivasi, dan membangun rasa percaya diri siswa berperan besar dalam meningkatkan prestasi belajar matematika. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini menganalisis bagaimana bentuk komunikasi interpersonal yang diterapkan guru dalam upaya meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV B di MI Salafiyah Sidorejo. Rumusan masalah penelitian ini meliputi: (1) bagaimana bentuk komunikasi interpersonal guru matematika di kelas IV B MI Salafiyah Sidorejo, (2) bagaimana prestasi belajar matematika siswa kelas IV B, serta (3) bagaimana analisis komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan bentuk komunikasi interpersonal guru, mengetahui capaian prestasi belajar siswa, dan menganalisis kontribusi komunikasi interpersonal guru terhadap peningkatan hasil belajar matematika di kelas IV B MI Salafiyah Sidorejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research).Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan guru matematika dan kepala madrasah. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, yang divalidasi dengan triangulasi teknik,sumber, dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal guru di MI Salafiyah Sidorejo telah terlaksana dengan baik melalui penerapan lima unsur komunikasi efektif, yaitu keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif, dan kesetaraan. Guru matematika mampu membangun suasana kelas yang aktif, hangat, dan menyenangkan, serta menunjukkan perhatian terhadap perbedaan kemampuan ix siswa. Melalui komunikasi interpersonal yang baik, guru berhasil menumbuhkan motivasi dan minat belajar siswa yang berdampak positif terhadap peningkatan prestasi belajar. Hal ini terlihat dari hasil asesmen sumatif tengah semester, di mana sebagian besar siswa kelas IV B memperoleh nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal guru berperan penting dalam peningkatan hasil belajar matematika siswa karena mampu menciptakan interaksi yang harmonis, lingkun

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKHASANAH, NURUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Guru Matematika, Prestasi Belajar Matematika
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 14 Nov 2025 08:16
Last Modified: 14 Nov 2025 08:16
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16373

Actions (login required)

View Item View Item