Exploring Students’ Learning Experience In Using Quick Response Code Media In Efl Speaking Class

Midayanti, Mita (2025) Exploring Students’ Learning Experience In Using Quick Response Code Media In Efl Speaking Class. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2520005_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2520005_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2520005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pengalaman belajar siswa dalam menggunakan media kode respon cepat pada pembelajaran berbicara Bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran dan mengatasi rendahnya kepercayaan diri siswa dalam berbicara Bahasa Inggris. Berbeda dengan penelitian sebelumnya yang berfokus pada persepsi dan pengembangan media, penelitian ini menelaah pengalaman belajar siswa secara autentik melalui dimensi afektif dan reflektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain naratif inkuiri untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang pengalaman belajar siswa. Partisipan penelitian terdiri dari empat siswa kelas sepuluh di salah satu SMA di Pekalongan yang dipilih secara purposive. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dan dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan uji keabsahan melalui aspek kredibilitas, transferabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melalui keempat tahapan siklus pembelajaran pengalaman Kolb (1984): pengalaman konkret, refleksi, konseptualisasi abstrak, dan eksperimen aktif. Penggunaan kode respon cepat membantu siswa mengakses video, melatih pelafalan, serta berpartisipasi aktif dalam diskusi dan proyek, yang meningkatkan motivasi, kepuasan, dan kepercayaan diri mereka. Pembelajaran berbasis kode respon cepat tidak hanya meningkatkan kemampuan berbicara, tetapi juga mendorong kemandirian dan keterlibatan siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi kode respon cepat dapat menciptakan pembelajaran berbicara yang lebih interaktif, bermakna, dan berbasis pengalaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBurhanuddin, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kode Respons Cepat, Keterampilan Berbicara, Pengalaman Belajar.
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 14 Nov 2025 06:38
Last Modified: 14 Nov 2025 06:38
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16382

Actions (login required)

View Item View Item