Teacher's Feeling Of Merdeka Curriculum Implementation In English Learning At Junior High School: A Narrative Inquiry

Apriliani, Lisa (2025) Teacher's Feeling Of Merdeka Curriculum Implementation In English Learning At Junior High School: A Narrative Inquiry. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2519109_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2519109_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2519109_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini menyelidiki perasaan guru bahasa Inggris terhadap penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah menengah pertama. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya kesulitan guru dalam menerapkan kurikulum merdeka ketika pra-penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Menggunakan pendekatan penyelidikan naratif dan dipandu oleh Teori Penilaian (Martin & White, 2005), studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi respons emosional kompleks yang dialami oleh guru dalam menghadapi perubahan kurikulum. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dengan seorang guru bahasa Inggris di Pekalongan, Indonesia, dan dianalisis melalui empat dimensi afektif: (Dis)Kepuasan, (In)Keamanan, (Un)Kebahagiaan, dan (Dis)Kecenderungan. Temuan menunjukkan bahwa guru tersebut mengalami campuran emosi positif dan negatif selama pelaksanaan kurikulum. Temuan ini menyoroti pentingnya dukungan berkelanjutan bagi guru, infrastruktur yang memadai, dan strategi adaptif dalam memastikan pelaksanaan Kurikulum Merdeka yang efektif. Studi ini diharapkan dapat memberikan wawasan untuk penelitian dan pengembangan kebijakan pendidikan di Indonesia di masa depan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRokhuma, Chubbi MillatinaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, perasaan guru, pendekatan naratif, teori penilaian (appraisal), pembelajaran bahasa Inggris.
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 14 Nov 2025 06:51
Last Modified: 14 Nov 2025 06:51
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16383

Actions (login required)

View Item View Item