Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaarn Al-Qur’an pada Siswa Kelas 1 MI Muhammadiyah Kauman

Maharani, Aulia (2025) Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaarn Al-Qur’an pada Siswa Kelas 1 MI Muhammadiyah Kauman. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
20322119_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (724kB)
[img] Text
20322119_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
20322119_Lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Maharani, Aulia. 2025. “Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaarn Al-Qur’an pada Siswa Kelas 1 MI Muhammadiyah Kauman.” Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing : Dian Rif’iyati, M.S.I. Kata Kunci : Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Ummi, Siswa Pembelajaran Al-Qur’an membutuhkan metode yang tepat agar siswa dapat memahami dan menguasai bacaan dengan baik. Metode Ummi merupakan salah satu metode pembelajaran Al-Qur’an yang diterapkan di MI Muhammadiyah Kauman karena memiliki keunggulan tersendiri dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an pada siswa kelas 1 serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaannya. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an pada siswa kelas 1 MI Muhammadiyah Kauman? dan 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an pada siswa kelas 1 MI Muhammadiyah Kauman? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data primer diperoleh dari kepala sekolah, koordinator program Ummi, guru pengajar Ummi kelas 1, dan siswa kelas 1 yang dipilih secara acak. Sedangkan data sekunder diperoleh dari jurnal dan buku. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Ummi di MI Muhammadiyah Kauman dilaksanakan melalui tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, guru telah mempersiapkan berbagai perangkat pendukung seperti media pembelajaran (jilid peraga, mushaf Al-Qur’an, kitab Tajwid, dan buku Gharib) serta perangkat administrasi (jurnal kegiatan, format penilaian, buku prestasi siswa, dan lembar kenaikan jilid). Namun, perencanaan masih lebih berfokus pada aspek evaluasi dibandingkan penyusunan modul ajar. Tahap pelaksanaan telah berjalan sesuai dengan standar Ummi Foundation melalui tujuh langkah pembelajaran mulai dari pembuka hingga penutup dengan model klasikal baca simak murni yang dilaksanakan lima kali dalam sepekan. Sementara itu, tahap evaluasi dilaksanakan secara berkelanjutan melalui evaluasi guru, evaluasi proses pembelajaran, dan evaluasi kemampuan siswa. Secara keseluruhan, pelaksanaan metode Ummi di MI Muhammadiyah Kauman telah mencerminkan proses pembelajaran Al-Qur’an yang terarah, sistematis, dan berkesinambungan, meskipun masih diperlukan penguatan dalam aspek perencanaan perangkat ajar tertulis agar pelaksanaannya semakin optimal. Hasil implementasi metode Ummi pada siswa kelas 1 MI Muhammadiyah Kauman menunjukkan bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an siswa menjadi lebih lancar, tegas, dan sesuai dengan makhraj serta kaidah tajwid. Faktor pendukung implementasi metode Ummi meliputi sistem pembelajaran yang terintegrasi, faktor guru yang tersertifikasi, serta dukungan dari orang tua. Adapun faktor penghambatnya adalah keterbatasan ruang belajar dan kurangnya jumlah guru bersertifikat Ummi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRif’iyati, DianUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Ummi, Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 14 Nov 2025 03:26
Last Modified: 14 Nov 2025 03:26
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16387

Actions (login required)

View Item View Item