Rachmawati, Anggie Yunita (2025) Efektivitas Penggunaan Media DAI (Dadu Iqro’) Terhadap Kemampuan Menulis Mufrodat Siswa Kelas IV MI Sudirman Panjang Wetan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
20322046_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
20322046_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
20322046_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Kemampuan menulis mufrodat (kosakata bahasa Arab) merupakan keterampilan dasar yang sangat penting bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah karena menjadi fondasi untuk menguasai keterampilan berbahasa lainnya, namun pada kenyataannya siswa kelas IV MI Sudirman Panjang Wetan masih mengalami kesulitan dalam menulis mufrodat akibat rendahnya penguasaan huruf hijaiyah, minimnya media pembelajaran yang menarik, serta dominasi metode ceramah yang membuat siswa kurang termotivasi, kondisi tersebut menimbulkan permasalahan berupa rendahnya hasil belajar menulis mufrodat. Berdasarkan hal itu, penelitian ini merumuskan masalah utama yaitu bagaimana kemampuan menulis mufrodat siswa sebelum menggunakan media DAI (Dadu Iqro’), bagaimana kemampuan siswa setelah menggunakan media DAI (Dadu Iqro’), serta apakah media DAI (Dadu Iqro’) terdapat efektivitas dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis mufrodat; tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan serta menguji efektivitas media DAI sebagai alternatif pembelajaran inovatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest Design, melibatkan 24 siswa kelas IVA MI Sudirman Panjang Wetan yang dipilih dengan teknik cluster sampling; data dikumpulkan melalui tes (pretest dan posttest), observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, serta uji t berpasangan dengan bantuan SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan menulis mufrodat siswa setelah penggunaan media DAI, dengan nilai rata-rata pretest sebesar 65 meningkat menjadi 85 pada posttest, sedangkan hasil uji-t berpasangan memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media DAI (Dadu Iqro’) efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis mufrodat siswa kelas IV MI Sudirman Panjang Wetan, sehingga direkomendasikan kepada guru bahasa Arab untuk memanfaatkan media berbasis permainan serupa guna meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, serta penelitian lanjutan diharapkan menguji efektivitasnya pada keterampilan bahasa Arab lain seperti membaca, berbicara, dan mendengar.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Media DAI, Dadu Iqro’, Mufrodat, Kemampuan Menulis, Bahasa Arab | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 06:21 | ||||||||
| Last Modified: | 14 Nov 2025 06:21 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16399 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
