Dwi Fatika Sari, Fatika (2025) Penguatan Iklim Belajar Positif Dalam Menanamkan Nilai Karakter Profil Pelajar Pancasila Di Sd Negeri Landungsari 01 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
20322064_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
20322064_FullText.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
20322064_LampiranSkripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (963kB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya penguatan iklim belajar positif untuk hasil belajar yang efektif, khususnya dalam menanamkan nilai karakter profil pelajar pancasila di kurikulum merdeka. Indikator iklim belajar positif mencakup hubungan hangat antara guru dan peserta didik, dukungan kelas terhadap perkembangan dan motivasi belajar, fungsi kelas sebagai penilai kepatuhan terhadap peraturan, rasa aman dan nyaman fisik atau psikis, budaya sekolah yang baik dalam penanaman nilai karakter, serta kerjasama, kolaborasi, dan kreativitas. Tujuan penelitian ini adalah menganalis bentuk usaha sekolah dalam menguatkan iklim belajar positif, mendeskripsikan hasil bentuk usaha terhadap penanaman nilai karakter profil pelajar pancasila yang mulai terlihat, dan mengidentifikasi faktor pendukung serta penghambat penguatan iklim belajar positif dalam menanamkan nilai karakter profil pelajar pancasila di SD Negeri Landungsari 01 Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi lapangan (Field Research). Peneliti mengumpulkan data melalui teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Teknik observasi secara lansung di SD Negeri Landungsari 01 Kota Pekalongan. Kedua, teknik wawancara baik wawancara terstruktur maupun wawancara tidak terstruktur. Ketiga, teknik dokumentasi yang mana digunakan sebagai data pendukung berupa foto, video, rekaman suara, dan dokumen penting lainnya terkait penelitian. Sumber data primer meliputi seluruh warga sekolah yang terlibat. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data diantaranya kondensasi data, penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan, dengan teknik keabsahan data melalui triangulasi sumber dan metode. Penelitian ini didasarkan melalui kerangka berpikir yaitu implementasi kurikulum merdeka, kemudian pembelajaran berbasis proyek penguatan profil pelajar pancasila, selanjutnya penanaman nilai karakter profil pelajar pancasila, lalu penguatan iklim belajar positif dalam menanamkan nilai karakter profil pelajar pancasila. Hasil penelitian menunjukkan adanya Bentuk usaha penguatan iklim belajar positif dalam menanamkan nilai karakter profil pelajar pancasila yaitu penyusunan kesepakatan kelas yang disusun bersama antara guru dan peserta didik, usaha penguatan motivasi peserta didik melalui papan bintang, membangun hubungan interaktif dan kolaboratif antara guru dan peserta didik, penguatan pembiasaan positif di lingkungan sekolah, menciptakan ruang belajar yang nyaman dan kondusif, menciptakan proses belajar mengajar yang inovatif dan menarik. Adapun hasil dari penguatan iklim belajar positif terhadap penanaman nilai karakter profil pelajar pancasila adalah terciptanya suasana kelas yang positif melalui kesepakatan kelas, meningkatnya motivasi belajar dan rasa ingin tahu peserta didik melalui papan bintang, terjalinnya hubungan interkatif dan kolaboratif antara guru dan peserta didik, meningkatnya nilai karakter beriman bertaqwa pada tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia serta kemandirian peserta didik melalui pembiasaan positif di lingkungan sekolah, terciptanya ruang belajar yang nyaman dan kondusif melalui peningkatan nilai karakter kreativitas, gotong royong, dan bernalar kritis peserta didik, terciptanya proses belajar yang inovatif dan menarik melalui peningkatan karakter kreativitas peserta didik. Beberapa faktor pendukung penguatan iklim belajar positif dalam menanamkan nilai karakter profil pelajar pancasila yaitu dukungan sekolah melalui kerjasama dan kolaborasi positif semua warga sekolah serta kebijakan sekolah dalam menyusun program-program sekolah, antusias peserta didik terhadap usaha penguatan iklim belajar positif dalam menanamkan nilai karakter profil pelajar pancasila, dukungan orang tua terhadap usaha penguatan iklim belajar positif dalam menanamkan nilai karakter profil pelajar pancasila di SD Negeri Landungsari 01 Kota Pekalongan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | penguatan, Iklim belajar positif, Nilai Karakter Profil Pelajar Pancasila. | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 07:13 | ||||||||
| Last Modified: | 14 Nov 2025 07:13 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16402 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
