Pengaruh Label Halal, Potongan Harga, Live Streaming, dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Konsumen pada Shopee Barokah (Studi Kasus Masyarakat Kabupaten Pekalongan)

Saputri, Amelia Praesty (2025) Pengaruh Label Halal, Potongan Harga, Live Streaming, dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Konsumen pada Shopee Barokah (Studi Kasus Masyarakat Kabupaten Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4121141_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4121141_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
4121141_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Fenomena meningkatnya transaksi belanja online pada platform Shopee Barokah menunjukkan adanya perubahan perilaku konsumen Muslim yang semakin memperhatikan aspek kehalalan produk, promosi harga, serta interaksi digital melalui fitur live streaming dan ulasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh label halal, potongan harga, live streaming, dan online customer review terhadap minat beli konsumen pada Shopee Barokah di kalangan masyarakat Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Sampel penelitian diperoleh dari 100 responden masyarakat Kabupaten Pekalongan yang pernah berbelanja melalui Shopee Barokah, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner online dan dianalisis menggunakan metode regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial label halal dan live streaming memiliki pengaruh positif terhadap minat beli konsumen sedangkan potongan harga dan online customer review tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Secara serentak variabel label halal, potongan harga, live streaming dan online customer review berpengaruh signifikan terhadap variabel minat beli konsumen. Variabel independen mampu menjelaskan sebesar 0,603 atau 60,3 persen terhadap variabel dependen.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSaifudin, Abdul GhofarUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Label Halal, Potongan Harga, Live Streaming, Online Customer Review, Minat Beli
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 18 Nov 2025 08:33
Last Modified: 18 Nov 2025 08:33
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16404

Actions (login required)

View Item View Item