Arifianto, Arifianto (2020) Efektivitas Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas 5 di MI Salafiyah Paninggaran Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.
Text
BAB I-V.pdf Download (1MB) |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Arifianto. 2020. Efektivitas Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas 5 Di Mi Salafiyah Paninggaran Kabupaten Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negerei (IAIN) Pekalongan. Pembimbing. Ahmad Burhanudin, M.A. Kata Kunci: Efektifitas, Metode Demonstrasi, Pembelajaran Fiqih Metode adalah suatu cara dalam pendidikan yang mempunyai peran penting untuk menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Oleh sebab itu seorang guru harus mempunyai kemampuan untuk dapat memimilih metode yang tepat, sehingga proses belajar dapat terarah dan mencapai tujuan dari pembelajaran. Metode demonstrasi digunakan sebagai salah satu metode untuk mengajar, penggunaan metode demonstrasi adalah dengan cara memperagakan atau memperlihatkan sesuatu kepada siswa dengan tujuan siswa akan lebih memahami dan mengerti apa yang disampaikan oleh gurunya. Rumusan masalah dalam penelitian ini ada dua, yaitu: 1) Bagaimana penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih di MI Salafiyah Paninggaran kabupaten Pekalongan, 2) Bagaimana efektivitas penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran fiqih di MI Salafiyah Paninggaran kabupaten Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih di MI Salafiyah Paninggaran kabupaten Pekalongan dan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran fiqih di MI Salafiyah Paninggaran kabupaten Pekalongan. Metodelogi dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya adalah dengan wawancaa, observasi dan dokumentasi. Jenis analisis datanya adalah analisis deskriptif kualitataif dimana penulis mendeskirpsikan hasil penelitiannya dengan bentuk narasi tanpa melibatkan angka-angka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih kelas 5 di MI salafiyah Paninggaran Kabupaten Pekalongan sudah berjalan efektif, karena dalam penerapan metode demonstrasi guru sudah menerapkan langkah-langkah seperti Persiapan, Pelaksanaan dan evaluasi. 2) Efektivitas penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran kelas 5 di MI Salafiyah Paninggaran sudah dikategorikan baik berdasarkan pada nilai, tepat waktu, tujuan tercapai dan hasil nyat dimana dengan metode demonstrasi siswa akan lebih aktif untuk terlibat langsung dalam pelaksaan kegiatan pembelajaran yang disampaikan oleh gurunya, sehinga siswa dapat dengan mudah mengerti dan memahami apa yang telah dipelajari, sehingga hasil belajar siswa baik dan tercapai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Efektifitas, Metode Demonstrasi, Pembelajaran Fiqih | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Depositing User: | Noorma Fitriana M. Zain | ||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2022 02:23 | ||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2022 02:23 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1641 |
Actions (login required)
View Item |