Aisya, Luthfia Rihadatul (2025) Implementasi Ekstrakurikuler Kaligrafi Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Arab Siswa Kelas III Di MIS NU Al-Utsmani Kajen Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2321056_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2321056_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
2321056_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi implementasi ekstrakurikuler kaligrafi dalam meningkatkan Keterampilan Menulis Arab Siswa Di MIS NU Al-Utsmani, Kajen Pekalongan. Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana implementasi ekstrakurikuler kaligrafi dalam meningkatkan keterampilan menulis Arab siswa kelas III di MIS NU Al-Utsmani Pekalongan?, 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi ekstrakurikuler kaligrafi dalam meningkatkan keterampilan menulis Arab siswa kelas III di MIS NU Al-Utsmani, Kajen Pekalongan?. Tujuan penelitian ini diantaranya adalah 1) Untuk menganalisis implementasi ekstrakurikuler kaligrafi dalam meningkatkan keterampilan menulis Arab siswa kelas III di MIS NU Al-Utsmani, Kajen Pekalongan, 2) Untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat implementasi ekstrakurikuler kaligrafi dalam meningkatkan keterampilan menulis Arab siswa kelas III di MIS NU Al-Utsmani, Kajen Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui tahap observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data meliputi triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dilakukan dengan cara teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari penelitian ini antara lain; 1) Implementasi kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi dalam meningkatkan keterampilan menulis Arab siswa kelas III di MIS NU Al-Utsmani, Kajen Pekalongan dilakukan dengan tiga tahapan yaitu; Pertama, tahap perencanaan meliputi penyusunan jadwal, persiapan media dan penentuan metode pembelajaran, serta penyediaan fasilitas, sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi. Kedua, tahap pelaksanaan, yang terdiri dari kegiatan pendahuluan yang dimulai oleh guru dengan membuka kelas, kegiatan inti yang merupakan inti dari pelaksanaan pembelajaran kaligrafi, serta diakhiri dengan kegiatan penutup yang berupa evaluasi dan penilaian hasil penugasan kepada siswa. 2) Faktor pendukung implementasi kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi diantaranya yaitu; dukungan penuh dari pihak sekolah, sarana dan prasarana yang memadai, waktu pembelajaran yang cukup dan efektif, dan adanya rasa semangat siswa untuk mengikuti ekstrakurikuker kaligrafi. Faktor penghambat dalam kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi diantaranya yaitu kondisi kelas yang kurang kondusif saat pembelajaran berlangsung dan siswa yang mudah merasa bosan ketika mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan tersebut adalah dengan merancang kegiatan pembelajaran yang bervariasi dan mempersiapkan media pembelajaran yang sesuai, serta guru mampu mengkondisikan kelas dengan baik sehingga mampu mendorong dan menarik minat dan motivasi siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Kegiatan ekstrakurikuler, Kaligrafi, Keterampilan menulis Arab. | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 06:39 | ||||||||
| Last Modified: | 18 Nov 2025 06:39 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16427 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
