Khoirunnisa, Musyarofah (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Kartu Dominos Pada Materi Disiplin Dan Mandiri Kelas 5 MIS NU Al-Utsmani. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2321026_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
2321026_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (389kB) |
|
|
Text
19 LAMPIRAN(2).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai moral dan karakter Islami kepada peserta didik. Namun, dalam praktiknya pembelajaran masih didominasi oleh metode ceramah yang cenderung membuat peserta didik pasif dan kurang antusias. Kondisi ini berdampak pada rendahnya minat dan pemahaman peserta didik terhadap materi nilai-nilai akhlak seperti disiplin dan mandiri. Oleh karena itu, diperlukan inovasi media pembelajaran yang mampu menghadirkan suasana belajar yang lebih interaktif, menyenangkan, dan bermakna. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pengembangan media pembelajaran Akidah Akhlak berbasis kartu dominos pada materi disiplin dan mandiri, serta bagaimana tingkat kelayakan media yang dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak, menarik, dan efektif dalam meningkatkan motivasi serta pemahaman peserta didik terhadap nilai-nilai akhlak. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas 5A MIS NU Al-Utsmani. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dan validasi oleh ahli materi dan ahli media. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi, angket respon peserta didik, serta lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Akidah Akhlak berbasis kartu dominos dinyatakan sangat layak digunakan. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh skor 97,3%, sedangkan ahli media memperoleh skor 94,6, keduanya termasuk dalam kategori sangat layak. Adapun hasil respon peserta didik memperoleh skor 79%, dikategorikan layak. Respon guru berdasarkan wawancara juga menunjukkan bahwa media ini dinilai menarik, mudah digunakan, dan mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Penggunaan media kartu dominos terbukti dapat meningkatkan motivasi, partisipasi, dan pemahaman peserta didik terhadap nilai disiplin dan mandiri. Dengan demikian, media ini dapat menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran Akidah Akhlak untuk menanamkan nilai-nilai karakter Islami secara efektif di madrasah ibtidaiyah.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Akidah Akhlak, Media Pembelajaran, Kartu Dominos | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 06:09 | ||||||||
| Last Modified: | 14 Nov 2025 06:09 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16435 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
