Pengaruh Media Sosial Tiktok Sebagai Media Dakwah Terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas Ix Smpn 1 Tirto Pekalongan

Risyana, Nia (2025) Pengaruh Media Sosial Tiktok Sebagai Media Dakwah Terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas Ix Smpn 1 Tirto Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119252_Cover Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2119252_FULL TEXT_B5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2119252_Lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi informasi yang berkembang sangat pesat, adanya aplikasi TikTok menimbulkan pandangan positif dan negatif dari masyarakat Indonesia. Karena awalnya aplikasi tersebut berisi konten tarian, prank, parody dan sebagainya. Akan tetapi seiring berjalannya waktu banyak muncul konten yang lebih bermanfaat, seperti konten dakwah. Tujuan penelitian ini untuk melakukan uji teoritik mengenai pengaruh dan seberapa besar pengaruh media sosial tiktok sebagai media dakwah terhadap minat belajar pendidikan agama islam siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Tirto Pekalongan sebanyak 261 siswa, dengan sempel yang diambil sebanyak 72 siswa yang aktif menunakan media sosial TikToksiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas,uji reabilitas, uji normalitas, uji linearitas,, uji regrensi linear sederhana, uji korelasi, uji koefisien determinasi dan uji T. Program yang digunakan dalam pengolahan data dan analisis data menggunakan IBM SPSS statistic 25 Hasil penelitian ini menjelaskan tidak terdapat pengaruh antara media dakwah terhadap minat belajar pendidikan agama islam siswa kelas IX SMPN 1 Tirto Pekalongan. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,533>0,05 dengan sig. 0.075, nilai t-hitung > t-tabel, yaitu 3,995 > 0,855. Hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak, dan hubungannya positif tapi sangat lemah. Selain itu tidak terdapat pengaruh yang didapat dalam pengaruh media sosial tiktok sebagai media dakwah terhadap minat belajar pendidikan agama islam siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tirto pekalongan dapat dilihat dari uji koefisien determinasi, dimana R Square memiliki nilai sebesar 0,006 (0,06%) Hal tersebut menunjukkan bahwa besarnya kontribusi dari pengguna media sosial tiktok sebagai media dakwah terhadap minat belajar pendidikan agama islam siswa sebesar 0,006% sedangkan sisanya 99,4% merupakan kontribusi dari faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIrsyad, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Sosial Tiktok, Media Dakwah, Minat Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Nov 2025 02:00
Last Modified: 18 Nov 2025 02:00
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16495

Actions (login required)

View Item View Item