Hidayat, Nur (2018) Implementasi metode Imla’ dalam pembelajaran Maharoh Kitabah Bahasa Arab ii MTS Asy Syafi’iyah Pecangakan Comal. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I -V.pdf Download (5MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Pembelajaran Bahasa Arab khusus dalam maharah Kitabah pada siswa kelas VII di MTs Asy Syafi’iyah Pecangakan Comal banyak mengalami kendala atau permasalahan dalam prakteknya. Masalah yang timbuh adalah siswa kelas VII kesulitan untuk menulis huruf Arab bila tidak mencontoh, kesulitan membedakan antara huruf-huruf tertentu apabila dilafalkan maupun ketika di imla’kan dan belum menguasai kosakata-kosakata dalam bahaa Arab. Kesulitan ini dikarenakan adanya perbedaan latar belakang pendidikan sebelunya, terutama anak-anak yang lulusan dari SD, maupun yang dari MI umumnya juga karena pemahaman yang kurang tentang Bahas Arab. Oleh karena itu penulis sangat tertarik untuk mengadakan penelitian tentang Implementasi Metode Imla’ dalam Pembelajaran Maharah Kitabah bahasa Arab di MTs Asy Syafi’iyah Pecangakan Comal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Implementasi Metode Imla’ dalam Pembelajaran Maharah Kitabah bahasa Arab di MTs Asy Syafi’iyah Pecangakan Comal, bagaimana Problematika Metode Imla’ dalam Pembelajaran Maharah Kitabah bahasa Arab di MTs Asy Syafi’iyah Pecangakan Comal. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran yang ada di MTs Asy Syafi’iyah Pecangakan Comal, khususnya dalam pembelajaran Bahasa Arab dan mengetahui problematika yang ada di MTs Asy Syafi’iyah pecangakan Comal. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan sedangkan pendekatannya menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data adalah : metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan analisis data kualitatif, dengan menggunakan model analisis dan menggunakan pola berfikir induktif. Hasil penelitian ini adalah siswa masih kesulitan dalam menguasai kosakata dalam bahasa Arab juga kesulitan dalam pembelajaran bahasa Arab, khususnya apabila diimla’kan siswa masih kesulitan dan kebingunggan dalam menuliskan kosakata Arabnya, dikhususkan pada kelas VII masih banyak yang belum mengenali bentuk kosakata-kosakata atau tulisan Arab. Mereka bisa menulis materi jika mencontoh tulisan dipapan tulis ataupun dibuku paket bahasa Arab. Sedangkan untuk problematikanya adalah adanya perbedaan latar belakang pendidikan siswa sebelum masuk di MTs Asy Syafi’iyah Pecangakan Comal, juga minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Tujuan diadakannya pembelajaran bahasa Arab yang hendak dicapai dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VII dalam maharah Al-kitabah yaitu supaya pesrta didik mampu menulis teks Arab dengan baik dan benar, baik yang diimla’kan maupun yang dilafalkan, baik itu kosakata maupun kalimat bahasa Arab tentang materi yang sudah diajarkan, menyempurnakan mata pelajaran yang sudah dipelajari dan membekali para siswa dengan keterampilan menulis maupun berfikir cepat akan pengetahuan makna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Maharah Kitabah, Imla’ | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Sultan Mubarok | ||||||||
Date Deposited: | 28 Apr 2020 22:58 | ||||||||
Last Modified: | 28 Apr 2020 22:58 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/165 |
Actions (login required)
View Item |