Dewi, Rosita (2025) Efektivitas Metode Pembelajaran Poster Session terhadap Pemahaman Makna Sila-sila Pancasila pada Siswa Kelas IV MI Sullam Taufiq Kajen. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2321038-COVER-BAB I-BAB V.pdf Download (439kB) |
|
|
Text
2321038-FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
2321038-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pemahaman makna sila-sila Pancasila di kalangan siswa sekolah dasar masih menjadi tantangan, terutama karena pendekatan pembelajaran yang kurang variatif dan cenderung bersifat hafalan. Hal ini berdampak pada rendahnya kemampuan siswa dalam mengaitkan simbol dan nilai-nilai Pancasila dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang interaktif, kontekstual, dan menyenangkan untuk meningkatkan pemahaman siswa. Salah satu alternatif yang potensial adalah metode Poster Session, yang terbukti dapat membantu siswa menyusun, menyampaikan, dan memvisualisasikan pemahamannya secara kreatif, sekaligus memperkuat nilainilai Pancasila dalam praktik kehidupan. Dari permasalahan yang ada, peneliti melaksanakan penelitian dengan rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana pemahaman makna sila-sila pancasila pada siswa kelas IV MI Sullam Taufiq Kajen sebelum diterapkannya metode pembelajaran Poster Session?, 2) Bagaimana pemahaman makna sila-sila pancasila pada siswa kelas IV MI Sullam Taufiq Kajen sesudah diterapkannya metode pembelajaran Poster Session?, dan 3) Bagaimana efektivitas metode pembelajaran Poster Session terhadap pemahaman makna sila-sila pancasila pada siswa kelas IV MI Sullam Taufiq Kajen?. Adapun tujuan penelitian ini untuk menganalisis pemahaman makna sila-sila pancasila pada siswa kelas IV MI Sullam Taufiq Kajen sebelum dan sesudah diterapkannya metode pembelajaran Poster Session, serta menganalisis efektivitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian kuasi-eksperimen dengan dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan metode Poste Session dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Sampel penelitian terdiri dari 43 siswa kelas IV MI Gondang, yang dibagi menjadi dua kelompok masing-masing 21 (Kelas IVA/Eksperimen) dan 22 (Kelas IVB/Kontrol) siswa. Analisis data dimulai dengan uji instrument (validitas dan reliabilitas), uji prasyarat (normalitas dan homogenitas), dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest siswa kelas eksperimen sebelum diterapkannya metode Poster Session adalah 52,38 yang termasuk dalam kategori “Sangat Kurang”, sedangkan setelah diterapkan metode tersebut, nilai posttest meningkat menjadi 80,95 dan masuk dalam kategori “Baik”. Hasil uji t menunjukkan t hitung sebesar 4,172 dengan signifikansi 0,000 (p < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dan metode Poster Session efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Poster Session, Makna Pancasila, Pendidikan Pancasila | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 04:00 | ||||||||
| Last Modified: | 17 Nov 2025 04:00 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16503 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
