Efektivitas Metode Team Game Tournament dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Nilai-Nilai Pancasila di Kelas III MIS Kuripan Lor Pekalongan.

Putri, Fanilia Kumala (2025) Efektivitas Metode Team Game Tournament dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Nilai-Nilai Pancasila di Kelas III MIS Kuripan Lor Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321161-COVER-BAB I-BAB V.pdf

Download (390kB)
[img] Text
2321161-FULL TEXT.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2321161-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Pemahaman nilai-nilai Pancasila di kalangan siswa kelas III MIS Kuripan Lor Pekalongan masih tergolong rendah karena metode pembelajaran yang digunakan cenderung konvensional dan kurang interaktif. Hal ini menyebabkan siswa kesulitan mengaitkan nilai-nilai Pancasila dengan praktik kehidupan seharihari, sehingga diperlukan pendekatan pembelajaran yang lebih menarik, menyenangkan, dan mendorong partisipasi aktif siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana hasil belajar siswa pada materi nilai-nilai Pancasila di kelas III MIS Kuripan Lor Pekalongan dengan menggunakan metode Team Game Tournament? dan 2) Bagaimana efektivitas metode Team Game Tournament dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi nilai-nilai Pancasila di kelas III MIS Kuripan Lor Pekalongan? Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Team Game Tournament serta menganalisis efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari 44 siswa yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang diuji validitas dan reliabilitasnya, sedangkan analisis data mencakup uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan homogenirtas, serta uji hipotesis menggunakan uji t (independent sample t-test) dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Team Game Tournament pada kelas eksperimen mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. 1) Rata-rata nilai pretest kelas eksperimen sebesar 52,50 tergolong dalam kategori sangat kurang, sedangkan rata-rata posttest meningkat menjadi 82,05 yang termasuk kategori baik. 2) Hasil uji hipotesis menggunakan uji t independen menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode Team Game Tournament efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi nilai-nilai Pancasila di kelas III MIS Kuripan Lor Pekalongan, sementara hasil uji N-gain didapat nilai 0,6194 atau 61,94% yang dikategorikan sedang atau cukup efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPrabowo, Dimas SetiajiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Team Game Tournament, Pancasila
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Nov 2025 06:18
Last Modified: 18 Nov 2025 06:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16506

Actions (login required)

View Item View Item