Marizka, Shinta (2025) Pengaruh Promosi, Ulasan Produk, Dan Kemudahan Terhadap Minat Penggunaan Layanan Perbankan Syariah Digital Pada Mahasiswa Uin K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
4219084_COVER BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
4219084_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
|
Text
4219084_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital yang pesat telah menciptakan transformasi besar di berbagai bidang, termasuk sektor perbankan. Di Indonesia, industri perbankan syariah tumbuh dengan cepat, dengan total aset mencapai Rp700 triliun pada tahun 2023 dan pertumbuhan tahunan rata-rata sebesar 12% (Otoritas Jasa Keuangan, 2023). Namun, adopsi layanan perbankan syariah digital di kalangan mahasiswa masih relatif rendah. Survei Bank Indonesia (2023) mengungkapkan bahwa hanya 35% mahasiswa menggunakan layanan perbankan syariah digital, sedangkan 65% masih mengandalkan perbankan konvensional.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi, Ulasan produk, dan kemudahan terhadap minat penggunaan layanan perbankan syariah digital di kalangan mahasiswa UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh tiga variabel kunci, yaitu promosi, Ulasan produk, dan kemudahan, terhadap minat mahasiswa UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan dalam menggunakan layanan perbankan syariah digital. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain survei. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan kriteria mahasiswa aktif semester 3 hingga 14 yang telah mengenal atau berinteraksi dengan layanan perbankan syariah digital. Sebanyak 100 responden berpartisipasi mengisi kuesioner yang disebarkan. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan analisis statistik dengan Software SPSS 27.0, yang meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas), serta uji hipotesis berupa uji regresi linier berganda, uji t (parsial), dan uji F (simultan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi, Ulasan produk, dan kemudahan berpengaruh terhadap minat mahasiswa menggunakan layanan perbankan syariah digital. Kemudian secara simultan, promosi, Ulasan produk, dan kemudahan berpengaruh terhadap minat mahasiswa menggunakan layanan perbankan syariah digita. Promosi yang efektif, Ulasan produk yang positif dari pengguna lain, dan persepsi kemudahan dalam mengoperasikan platform digital secara individual berkontribusi besar dalam membentuk ketertarikan mahasiswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Promosi, Ulasan Produk, Kemudahan, dan Minat Penggunaan | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 02:51 | ||||||||
| Last Modified: | 19 Nov 2025 02:51 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16600 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
