Strategi Promosi Produk Bisnis Kuliner Perspektif Islam (Studi Kasus Warung Mie Peloor di Kawasan Gemek Pekalongan)

Maula, Muhammad Zaki (2025) Strategi Promosi Produk Bisnis Kuliner Perspektif Islam (Studi Kasus Warung Mie Peloor di Kawasan Gemek Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4121058_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4121058_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2521016_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Perkembangan UMKM di Indonesia pada sektor kuliner kini terus berkembang. Persaingan yang ketat menuntut pelaku usaha menerapkan strategi promosi yang efektif dan beretika. Warung Mie Peloor di Kawasan Gemek Pekalongan, dipilih sebagai studi kasus karena menerapkan prinsip bisnis Islam dalam operasional dan promosinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis promosi dan strategi promosi produk bisnis kuliner perspektif Islam yang diterapkan Warung Mie Peloor. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi, dengan teknik purposive sampling untuk menentukan narasumber utama, yaitu pemilik, karyawan, dan konsumen Warung Mie Peloor. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta diuji keabsahannya melalui triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik promosi Warung Mie Peloor mencerminkan penerapan nilai-nilai promosi Islami dalam empat aspek utama, yaitu: (1)Transparansi harga, dengan mencantumkan harga secara jelas di menu dan media digital sebagai bentuk kejujuran (shiddiq) dan keadilan (adl) terhadap konsumen (2) Pelayanan pelanggan yang ramah, cepat, dan jujur, sebagai perwujudan nilai ihsan dan amanah, yang menjadi bentuk promosi alami melalui kepuasan dan rekomendasi pelanggan; (3) Keterbukaan terhadap kritik dan saran, yang mencerminkan tanggung jawab dan komitmen terhadap perbaikan berkelanjutan sesuai prinsip Islam; serta (4) Kebersihan warung yang terjaga, yang menunjukkan profesionalisme sekaligus menjadi bagian dari ibadah dan tanggung jawab moral terhadap pelanggan. Strategi Promosi Warung Mie Peloor difokuskan pada cita rasa khas, inovasi menu berlevel, harga terjangkau, dan pelayanan ramah guna memperkuat brand image dan loyalitas pelanggan. Kemudian juga memanfaatkan dari perkembangan teknologi digital, tren kuliner lokal, dan meningkatnya kesadaran terhadap produk halal dengan menjalin kerja sama dengan influencer serta promosi digital. Temuan ini menunjukkan bahwa promosi bisnis kuliner yang berlandaskan prinsip Islam Dengan mengintegrasikan nilai spiritual dan etika bisnis dalam setiap aspek promosi, Warung Mie Peloor tidak hanya memperoleh keuntungan ekonomi, tetapi juga keberkahan dan kepercayaan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorA'yun, QurrotaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Promotion strategy, Culinary business, Islamic business
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 18 Nov 2025 03:10
Last Modified: 18 Nov 2025 03:10
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16624

Actions (login required)

View Item View Item