ilyaso, shilla nanda (2025) pengaruh kualitas layanan, strategi pemasaran pelayanan dan bagu hasil terhadap kepiasan anggota simpanan mudarabah dikspps bmt an-najah cabang bojong kabupaten pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
BAB I dan BAB V_4221023.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
FULLTEXT_4221023-2.pdf Restricted to Registered users only until 19 November 2025. Download (3MB) |
|
|
Text
lampirann_4221023.pdf Restricted to Repository staff only until 19 November 2025. Download (1MB) |
Abstract
Kepuasan anggota merupakan aspek penting dalam menilai keberhasilan lembaga keuangan syariah, terutama pada produk simpanan mudarabah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketidakstabilan jumlah anggota dan pemasukan di KSPPS BMT An-Najah Cabang Bojong Kabupaten Pekalongan, yang mengindikasikan kemungkinan rendahnya kepuasan anggota. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah sejauh mana kualitas layanan, strategi pemasaran pelayanan, dan sistem bagi hasil berpengaruh terhadap kepuasan anggota. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh parsial maupun simultan dari ketiga variabel independen terhadap kepuasan anggota sebagai variabel dependen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota simpanan mudarabah aktif di KSPPS BMT An-Najah cabang Bojong. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah respondek sebanyak 93 orang. Teknik analisis data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang disusun berdasarkan indikator dari masing-masing variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan, dan bagi hasil tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota simpanan mudarabah. Namun, strategi pemasaran pelayanan berpengaruh signifikan tehadap kepuasan anggota simpanan mudarabah. Secara simultan, ketiga variabel independen tersebut berpengaruh terhadap kepuasan anggota simpanan mudarabah. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 13.2% menunjukan bahwa variabel kualitas layanan, strategi pemasaran pelayanan dan bagi hasil mampu menjelaskan kepuasan anggota, sedangkan sisanya 86,8% dipengaruhi oleh variabel diluar penelitian ini.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Kualitas Layanan, Strategi Pemasaran Pelayanan, Bagi Hasil, Kepuasan Anggota, Simpanan Mudarabah | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 290 Other Religions (Agama Selain Kristen) > 297.273 Islam and Economics/Islam dan Ilmu Ekonomi 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4 Fikih, Fiqih, Fiqh, Hukum Islam |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 02:57 | ||||||||
| Last Modified: | 18 Nov 2025 02:57 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16681 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
