Implementasi Block System Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk Satya Praja 2 Petarukan Pemalang

Adimis, Syarofa (2025) Implementasi Block System Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk Satya Praja 2 Petarukan Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120085_Cover, Bab I dan Bab v.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2120085_Full Tex.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
2120085_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan block system sebagai pola penjadwalan pembelajaran yang mengelompokkan mata pelajaran dalam durasi tatap muka lebih panjang, sehingga menuntut kreativitas guru dalam mengelola proses belajar. SMK Satya Praja 2 Petarukan Pemalang telah menerapkan sistem ini sejak 2019 pada berbagai mata pelajaran, termasuk Pendidikan Agama Islam (PAI). Pelaksanaannya masih menghadapi sejumlah kendala, seperti kesiapan guru, karakteristik peserta didik yang beragam, serta keterbatasan sarana pendukung. Melalui pembelajaran PAI dengan block system, diharapkan fokus belajar siswa meningkat, aktivitas pembelajaran lebih optimal, serta pemahaman nilai keagamaan dapat diperoleh secara lebih mendalam. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: (1) bagaimana implementasi block system dalam pembelajaran PAI; (2) apa saja tantangan yang dihadapi guru; dan (3) bagaimana solusi yang dilakukan guru dalam mengatasi tantangan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan implementasi block system dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Satya Praja 2 Petarukan Pemalang. (2) Mengidentifikasi tantangan yang dihadapi guru PAI dalam penerapan block system. (3) Menjelaskan solusi yang dilakukan guru dalam menghadapi tantangan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldaña yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi block system pada pembelajaran PAI dilakukan melalui perencanaan perangkat ajar, pelaksanaan pembelajaran aktif, dan evaluasi berkala. Tantangan utama meliputi kejenuhan siswa karena durasi pembelajaran yang panjang, variasi kemampuan belajar, dan keterbatasan media pembelajaran. Adapun solusi yang dilakukan guru antara lain penggunaan metode pembelajaran berbasis diskusi, penayangan media audio-visual, pembagian kelompok belajar, serta pendekatan personal kepada siswa. Secara umum, penerapan block system memberikan dampak positif terhadap keterlibatan siswa dan efektivitas pembelajaran PAI, meskipun masih memerlukan peningkatan dalam aspek pengelolaan kelas dan penguatan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNurkhamidi, Aris19740510200003 1 001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI, Block System, Implementasi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Nov 2025 07:44
Last Modified: 18 Nov 2025 07:44
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16720

Actions (login required)

View Item View Item