Pengaruh Gaya Hidup, Konformitas, dan Media Sosial terhadap Pembelian Impulsif di Online Shop Shopee pada Mahasiswa FEBI UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

Arifa, Zannuba (2023) Pengaruh Gaya Hidup, Konformitas, dan Media Sosial terhadap Pembelian Impulsif di Online Shop Shopee pada Mahasiswa FEBI UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4117135_Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4117135_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
4117135_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Transaksi belanja secara online kini digemari oleh konsumen karena efisiensinya. Kemudahan dalam bertransaksi serta banyaknya pengguna shopee saat ini, memungkinkan sebagian besar konsumen melakukan pembelian impulsif. Pembelian impulsif sendiri dapat terjadi karena beberapa faktor, yaitu gaya hidup, konformitas dan media sosial. Dari ketiga faktor tersebut terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan inkonsistensi hasil penelitian. Diantaranya menurut penelitian Reni Suci Wahyuni dan Harini Abrilia Setyawati yang menyatakan bahwa shopping lifestyle memiliki pengaruh terhadap pembelian impulsif, berbeda dengan penelitian Fendy Maradita dan Dita Okta Sopiana, yang menyatakan bahwa gaya hidup tidak berpengaruh terhadap pembelian implusif. Pada penelitian Dewi amelia, menyebutkan bahwa konformitas berpengaruh terhadap pembelian impulsif, berbanding terbalik dengan penelitian Amanda Khoirunnisa, yang menunjukkan bahwa konformitas tidak mempengaruhi pembelian impulsif. Dan penelitian Dewi Andriany dan Mutia Arda, menyatakan bahwa media sosial berpengaruh terhadap pembelian impulsif pada generasi millenial, bertentangan dengan penelitian Angie Noverine yang menyatakan bahwa pemasaran media sosial tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh gaya hidup, konformitas, dan media sosial terhadap pembelian impulsif di online shop Shopee pada mahasiswa FEBI UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 95 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode simple random sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, uji kualitas data, asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel independen yaitu gaya hidup, konformitas, dan media sosial secara parsial berpengaruh terhadap pembelian impulsif. Kemudian secara simultan gaya hidup, konformitas, dan media sosial juga berpengaruh terhadap pembelian impulsif. Hasil uji koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,662 atau 66,2%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sebesar 66,2% pembelian impulsif ditentukan oleh gaya hidup, konformitas, dan media sosial, sedangkan sisanya 33,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIsfandiar, Ali AminUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Gaya Hidup, Konformitas, Media Sosial, Pembelian Impulsif
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.32 Ekonomi Keuangan Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 27 Nov 2025 01:31
Last Modified: 27 Nov 2025 01:31
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16764

Actions (login required)

View Item View Item