Analisis Strategi Pemasaran Di Saif Laundry Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam

Nada, Intania Zulfa (2023) Analisis Strategi Pemasaran Di Saif Laundry Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2013116134_Bab1&5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2013116134_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2013116134_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Setelah berangsur surut masa pandemi (selama dua tahun lebih), membuat gairah ekonomi semakin meningkat. Tahun belakangan ini merupakan tahun pemulihan dari kelesuan ekonomi pada saat pandemi. Beberapa faktor yang diharapkan dapat ikut membantu peningkatan ekonomi diantaranya adalah denganmembuat program pemulihan ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas. Hal ini dapat diwujudkan dengan merancang startegi pemasaran. Adapun dalam menjalankan bisnis, salah satu faktor yang tidak kalah penting bagiseorang muslim adalah dengan melakukan bisnis berdasar pada norma atau etika. Hal tersebut bertujuan agar pelaku bisnis tidak melanggar dari apa yang telah ditetapkan dan diajarkan oleh agama. Maka darinya, dalam hal ini, peneliti akan meneliti bagaimana strategi pemsaran dalam perspektif Etika Bisnis Islam. Adapunobjek dalam penelitian ini yakni Saif Laundry. Penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran di Saif Laundry dalam perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Adapun hasil dalam penelitian ini, yakni strategi pemasaran pada Saif Laundry dapat ditinjau berdasar pada bauran pemasaran 7P yang diantaranya yakni, Pertama, Harga, harga yang ditawarkan oleh Saif Laundryadalah harga yang sesuai dengan harga pasar. Kedua, Produk, Saif Laundry memberikan pelayanan yang memuaskan dan tidak kalah dengan Laundry ternama lainnya. Ketiga, Tempat, Lokasi Saif Laundry terletak tepatnya di Bendan Kergon, Kota Pekalongan. Keempat, Promosi, Saif Laundry tidak seperti halnya beberapa Laundry lain yang memfokuskan pada pemasangan banner saja, tetapi mereka memfokuskan kegiatan promosi membagikan makanan pada Jum’at berkah. Kelima, Orang, atau karyawan yang bekerja di Saif Laundry bisa dinilai ramah dan bertanggungjawab pada pekerjaannya. Keenam, Proses yang dapat dilihat dari semua aktivitas atau prosedurdalam pencucian sudah mengikuti syariat Islam. Ketujuh, Bukti Fisik yang berupa fasilitas yang tersedia dalam Saif Laundry untuk menunjang pada kepuasan konsumen. Berdasar pada prinsip dalam etika bisnis Islam yang di dalamnya mencakup kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab dan juga kebenaran: kebaikan dan kejujuran, dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran dalam Saif Laundry sesuai dengan apa yang menjadi prinsip-prinsip dalam etika bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKurniawan, Pratomo CahyoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran, Saif Laundry, Etika bisnis Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Qodariyah Siti Nurlaelatul
Date Deposited: 03 Dec 2025 03:21
Last Modified: 03 Dec 2025 03:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16897

Actions (login required)

View Item View Item