Utami, Putri (2023) Pengaruh Islamic Marketing Mix, Pengetahuan Produk, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menabung Anggota (Studi Kasus Pada KospinMU Surya Mentari Karanganyar). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
4219075 - Bab1&5.pdf Download (4MB) |
|
|
Text
4219075 - Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
|
Text
4219075 - Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) |
Abstract
Minat menabung adalah perasaan tertarik dari seseorang yang menimbulkan dorongan ataupun motivasi seseorang untuk menyimpan harta atau uang dan kekayaan mereka sehingga diri seseorang tersebut terdorong untuk melakukan kegiatan menabung guna pemenuhan konsumsi ataupun investasi di masa depan. Beberapa faktor yang mempengaruhi minat menabung yaitu islamic marketing mix, pengetahuan produk, dan kepercayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh islamic marketing mix, pengetahuan produk, dan kepercayaan terhadap minat menabung anggota pada KospinMU Surya Mentari Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi di dalam penelitian ini adalah anggota produk tabungan pada KospinMU Surya Mentari Karanganyar yang berjumlah 8.886 anggota. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan rumus slovin, standar error yang ditetapkan yaitu 10%. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) islamic marketing mix berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap minat menabung dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 dengan nilai thitung sebesar 3,332 > ttabel 1,661. (2) Pengetahuan produk tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat menabung dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,084 > 0,05 dengan nilai thitung sebesar 1,644 < ttabel 1661. (3) Kepercayaan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap minat menabung dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,004 < 0,05 dengan nilai thitung sebesar 2,971 > ttabel 1,661.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Islamic Marketing Mix, Pengetahuan Produk, Kepercayaan, dan Minat Menabung | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan |
||||||||
| Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 07:48 | ||||||||
| Last Modified: | 15 Dec 2025 07:48 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16994 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
