Ain, Imelda Mifrotul (2025) Strategi Guru PAI Dalam Menanamkan Sikap Moderat Siswa SMPN 1 Karanganyar Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
20122114_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (522kB) |
|
|
Text
20122114_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
19 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (605kB) |
Abstract
Penanaman sikap Moderat menjadi aspek penting dalam membentuk karakter generasi muda yang memiliki kesadaran nasionalisme dan religiusitas. SMPN 1 Karanganyar Pekalongan sebagai lembaga pendidikan berperan dalam menanamkan nilai-nilai moderasi kepada siswanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang diterapkan oleh guru pai dalam menanamkan sikap Moderat serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam implementasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi Kepala Sekolah, Guru PAI, Siswa, serta pihak yang berperan dalam Kegiatan Sekolah SMPN 1 Karanganyar Pekalongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penanaman sikap Moderat dilakukan melalui berbagai kegiatan, antara lain, Proses Pembelajaran, Kegiatan Sekolah, Ekstrakulikuler, Organisasi, Peringatan Hari-hari Besar, Upcara Bendera kajian sejarah nasionalisme. Sedangkan untuk hasil dari strategi guru pai dalam menanamkan sikap moderat yakni perubahan sikap dan perilaku siswa, Terciptanya lingkungan yang harmonis dan kondusif. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa faktor pendukung dan penghambat, Faktor pendukung meliputi Program Sekolah yang mendukung, Dukungan Sarana dan Prasarana, Dukungan Lingkungan Sekolah, Dukungan Orang Tua dan Komunitas dan faktor penghambat seperti Tantangan Globalisasi dan Pengaruh Media Sosial, Konflik Internal dalam sekolah, Keterbatasan Sumber Daya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Guru PAI SMPN 1 Karanganyar Pekalongan telah menerapkan strategi yang cukup efektif dalam menanamkan Sikap Moderat. Rekomendasi dari penelitian ini mencakup penguatan program Sekolah, peningkatan inovasi dalam pendekatan edukasi Moderasi Beragama, serta optimalisasi pemanfaatan media digital dalam menyebarluaskan nilai-nilai Moderasi.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru PAI, Sikap Moderat, Pendidikan. | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 08:01 | ||||||||
| Last Modified: | 18 Dec 2025 08:01 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17002 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
