Hubungan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMP N 2 Kajen Kabupaten Pekalongan

Romadhon, M. Fathi Rizqi (2025) Hubungan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMP N 2 Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
20122026_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (558kB)
[img] Text
20122026_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (998kB)
[img] Text
20122026_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Skripsi ini membahas tentang hubungan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kajen Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa tingkat kedisiplinan belajar siswa memiliki kaitan erat dengan hasil prestasi belajar, khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang menekankan nilai-nilai keimanan, ketaqwaan, dan tanggung jawab. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana tingkat kedisiplinan belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kajen? (2) Bagaimana tingkat prestasi belajar Pendidikan Agama Islam Siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kajen? (3) Adakah hubungan kedisiplinan belajar terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 2 Kajen Kabupaten Pekalongan. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kedisiplinan belajar, prestasi belajar Pendidikan Agama Islam, serta menganalisi hubungan antara kedisiplinan belajar terhadap prestasu belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi dalam penelitian berjumlah 269, kemudian sampel yang digunakan berjumlah 72 siswa, teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan angket. data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana untuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini adalah: (1) tingkat kedisiplinan belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kajen. menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan belajar siswa berada pada kategori tinggi, dengan perincian: 33,33% siswa termasuk kategori sangat baik, 29,17% kategori baik, dan 37,50% kategori kurang baik. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa telah memiliki sikap disiplin yang baik dalam melaksanakan kegiatan belajar, meskipun masih terdapat sebagian kecil yang memerlukan pembinaan. (2) prestasi belajar Pendidikan Agama Islam juga tergolong baik, dengan perincian: 33,11% siswa berkategori sangat baik, 33,11% kategori baik, dan 27,78% kategori kurang baik. (3) berdasarkan hasil data berdistribusi normal (Sig. 0,200 > 0,05) dan terdapat hubungan linier yang signifikan antara kedisiplinan belajar (X) dan prestasi belajar (Y) (Sig. Deviation from Linearity 0,979 > 0,05). hasil uji determinasi (Adjusted R Square) menunjukkan nilai 0,101, yang berarti bahwa kedisiplinan belajar berkontribusi sebesar 10,1% terhadap prestasi belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAini, RofiqotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Belajar, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 22 Dec 2025 06:43
Last Modified: 22 Dec 2025 06:43
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17011

Actions (login required)

View Item View Item