Hubungan Metode Qiro’ati Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di TPQ Nahdlatussyubab Kauman Batang

Fadhila, Lulu Masdawati (2025) Hubungan Metode Qiro’ati Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di TPQ Nahdlatussyubab Kauman Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
20122093_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (322kB)
[img] Text
20122093_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
19.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Al-Qur’an sebagai bacaan yang memiliki hukum dalam membacanya atau tata cara tertentu yang terstruktur. Al-Qur’an memiliki beberapa metode, salah satunya adalah Metode Qiro’ati yang lazim diterapkan sebagai upaya dalam membina kemampuan membaca Al-Qur’an. Dengan membaca Al-Qur’an akan membawa banyak manfaat, seperti mendapatkan pahala yang berlipat ganda (satu kebaikan untuk setiap huruf), ketenangan hati dan pikiran, serta kedekatan dengan Allah SWT. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana penerapan metode Qiro’ati di TPQ Nahdlatussyubab Kauman Batang? Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Nahdlatussyubab Kauman Batang? Bagaimana hubungan penerapan metode Qiro’ati dengan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Nahdlatussyubab Kauman Batang? Penelitian ini menggunakan penelitian kuntitatif yang mengaplikasikan metode eksperimen. Dengan menggunakan sampel 30 santri. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan tes. Selanjutnya analisis data Regresi Linier Sederhana software SPSS 25. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil analisis perhitungan, nilai signifikasi dari tabel Coefficients diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,016 > 0,05, maka dapat disimpulkan hipotesis alternatif diterima, artinya bahwa terdapat pengaruh antara penerapan metode Qiro’ati terhadap kemampuan membaca Al-Quran santri di TPQ Nahdlatussyubab Kauman Batang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRosyadi, Mokh. ImronUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Qiro’ati, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, TPQ.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 22 Dec 2025 03:56
Last Modified: 22 Dec 2025 03:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17015

Actions (login required)

View Item View Item