Khikmiyah, Naila (2021) Upaya Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Life Skill di SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.
|
Text
2117090 - Bab1&5.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
2117090 - Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
|
Text
2117090 - Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan karakter diproyeksikan sebagai upaya penanaman kecerdasan dalam berpikir, penghayatan dalam bentuk sikap, dan pengalaman dalam bentuk perilaku yang sesuai dengan nilai- nilai luhur yang menjadi jati dirinya, diwujudkan dalam interaksi dengan Tuhannya, diri sendiri, antar sesama, dan lingkungannya. Penanaman pendidikan karakter menjadikan peserta didik unggul dari segi kognitif saja namun memiliki karakter yang mampu mewujudkan kecakapan yang siap menghadapi tantangan hidup di zaman yang akan datang, salah satunya melalui pendidikan life skill (kecakapan hidup). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis upaya pembentukan karakter peserta didik melalui pendidikan life skill di SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan dan untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan pendidikan karakter peserta didik melalui pendidikan life skill di SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), dan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan life skill ini memberikan kontribusi dalam pembentukan pendidikan karakter peserta didik melalui aspek dan nilai-nilai yang terkandung dalam pendidikan life skill. Pendidikan life skill di SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan terdapat nilai-nilai karakter didalamnya, yaitu kerja keras, mandiri, komunikatif, kreatif, dan tanggung jawab. Adapun faktor pendukung seperti suasana pembelajaran yang menyenangkan, adanya motivasi dari pihak sekolah, terpenuhinya sarana dan prasarana. Adapun faktor penghambatnya yaitu kurang keantusiasan peserta didik terhadap pendidikan life skill.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Karakter, Pendidikan, Life skill. | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
| Depositing User: | Ridho Aji Anggana | ||||||||
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 01:28 | ||||||||
| Last Modified: | 23 Dec 2025 01:28 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17020 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
