Fitriani, Eva (2023) Pengaruh relationship marketing dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan dengan label halal sebagai variabel moderating (studi kasus pada pelanggan Somethinc Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
4119085_Bab1&5.pdf Download (5MB) |
|
|
Text
4119085_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
|
|
Text
4119085_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Permintaan pasar yang meningkat akan produk kecantikan memunculkan berbagai brand yang menyebabkan adanya persaingan. Perusahaan perlu menyusun strategi agar mendapatkan rasa kepuasan pelanggan. Hal tersebut dapat dicapai melalui penerapan relationship marketing serta memberikan sebuah produk berkualitas. Produk berkualitas dapat diketahui dengan adanya label halal. Label halal dapat dijadikan sebagai salah satu informasi yang menunjukkan bahwa produk aman untuk digunakan. Salah satu merek produk kecantikan yang cukup diminati masyarakat ialah Somethinc. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui dan menguji pengaruh relationship marketing dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan Somethinc dengan label halal sebagai variabel moderating pada konsumen Pekalongan. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif, metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dengan menggunakan sampel sebanyak 97 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode probability sampling dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data regresi linier berganda dengan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial relationship marketing dan kualitas produk berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan Somethinc di Pekalongan. Namun, label halal tidak mampu memoderasi pengaruh variabel relationship marketing maupun kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan Somethinc Pekalongan. Akan tetapi nilai Adjusted R Square setelah adanya label halal sebagai variabel moderasi mengalami peningkatan sebesar 0,5% yang menunjukkan bahwa sumbangan pengaruh variabel relationship marketing dan kualitas produk terhadap variabel kepuasan pelanggan setelah adanya variabel moderasi mengalami peningkatan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Relationship Marketing, Kualitas Produk, Label Halal, Kepuasan Pelanggan | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
| Depositing User: | Khusnu Asirah | ||||||||
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 01:42 | ||||||||
| Last Modified: | 23 Dec 2025 01:42 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17021 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
