Safitri, Meidiana (2021) Strategi pendidikan karakter religius melalui sistem pendidikan boarding school di SMP IT Assalam Boarding School Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2021214413_Bab1&5.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
2021214413_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
2021214413_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Masuknya pengaruh baik positif maupun negatif globalisasi yang terbuka seluas-luasnya memberikan dampak pula tehadap karakter religius masyarakat termasuk anak-anak dan remaja. Pengaruh yang bersifat negatiflah yang lebih mempengaruhi karakter religius anak-anak dan remaja. Hal ini dibuktikan dengan data yang di luncurkan oleh Menteri PPPA Yohana Yambise yang menyebutkan bahwa angka kekerasan remaja mencapai 12% hingga 23%. Angka tersebut menimbulkan keresahan bagi orangtua dalam memilih sekolahan terbaik yang mampu memperbaiki karakter religus anak-anak mereka. Menjawab keresahan ini, hadirlah Sekolah Islam Terpadu yang memiliki pendidikan karakter religius yang bersumber pada Al-Qur’an dan Sunnah yang memadukan antara pendidikan islam dan pendidikan umum. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : 1. Bagaimana Pelaksanaan Sistem Pendidikan Boarding School di SMP IT Assalam Boarding School Pekalongan? 2. Bagaimana Strategi Pendidikan Karakter Religius melalui Sistem Pendidikan Boarding School yang diterapkan di SMP IT Assalam Boarding School Pekalongan? Penelitian ini bertujuan untuk 1.Mengetahui pelaksanaan dan evaluasi sistem pendidikan Boarding School di SMP IT Assalam Boarding School Pekalongan. 2. Mengetahui Strategi dan Evaluasi Pendidikan Karakter Religius melalui Sistem Pendidikan Boarding School yang diterapkan di SMP IT Assalam Boarding School Pekalongan. Metodologi dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis analisis data penelitian ini adalah analisa deskriptif kualitatif. 1. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan dan Evaluasi sistem pendidikan Boarding School di SMP IT Assalam Boarding School Pekalongan. Dalam melaksanakan sistem pendidikan Boarding School, SMPIT Assalam Boarding School melalukan beberapa tahapan diantaranya : a. Perencanaan sistem pendidikan Boarding School. Pada tahap ini, SMPIT Assalam Boarding School Pekalongan merencanakan program yang akan dilaksanakan dalam sistem pendidikan Boarding School dengan menggunakan visi, misi dan tujuan sebagai acuannya. Kemudian akan diturunkan ke strategi pencapaian kompetensi kelulusan siswa. Perencanaan program dalam sistem pendidikan Boarding School ini dimulai pada saat merumuskan visi SMP IT Assalam Boarding School Pekaolngan yaitu “Terwujudnya generasi Qur’ani pengemban risalah islam, berakhlak viii mulia, berrilmu pengetahuan, terampil dalam hidup, berwawasan lingkungan dan siap memasuki jenjang pendidikan selanjutnya”. b. Pelaksanaan Pada pelaksanaanya, SMP IT Assalam Boarding School Pekalongan melaksanakan sistem pendidikan Boarding School menyesuaikan pembelajaran yang di butuhkan. Pembelajaran dapat dilakukan didalam dan diluar kegiatan belajar mengajar. Pada sistem pendidikan ini, dilakukan sejak anak memulai aktivitasnya yaitu saat anak bangun tidur hingga anak kembali tidur pada malam hari dengan didampingi wali asrama. c. Evaluasi Untuk mengetahui seberapa berhasilnya suatu program akan dilaksanakan pula evaluasi. Evaluasi dalam sisem pendidikan ini menggunakan instrumen rubrik lembar mutabaah. (2). Strategi Pendidikan Karakter Religius melalui Sistem Pendidikan Boarding School. Strategi pendidikan karakter religius di SMPIT Assalam Boarding school Pekolangan melalui sistem pendidikan Boarding School adalah menggunakan beberapa hal seperti: Kemandirian, Penanaman nilai positif, Disiplin, Kegiatan religius, Menerapkan sifat jujur, Toleransi, Demokratis, Kegiatan pembelajaran, Pengembangan budaya sekolah dan pusat kegiatan belajar, Kurikulum yang digunakan, Program Boarding School, Kegiatan rutin, Kegiatan spontan, Keteladanan, Pengawasan, Pengkonsian, Kegiatan ekstrakurikuler, Bimbingan dan konseling, Kegiatan dirumah dan dimasyarakat, Pelatihan kompetensi bagi pendidik dan tenaga kependidikan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Boarding School, Pendidikan karakter religius | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
| Depositing User: | Akhiroh Ghufron | ||||||||
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 02:09 | ||||||||
| Last Modified: | 23 Dec 2025 02:09 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17028 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
