Apriani, Rinci Dwi (2022) Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Di Smp Al-Irsyad Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.
|
Text
2021115221_Bab1&5.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
2021115221_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text
2021115221_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Meningkatkan kedisiplinan belajar tidaklah mudah.Sekolah harus kreatif dalam upaya meningkatkan kedisiplinan belajar. Salah satu hal yang bisa diterapkan adalah dengan menerapkan kebiasaan menghafal Al-Qur’an. Kegiatan menghafal Al-Qur’an, selain membiasakan siswa beperilaku disiplin, juga mendatangkan banyak manfaat lainnya.Para akademisi dan spesialis sependapat bahwa menghafal Al-Qur’an memiliki efek yang baik dalam pengembangan keterampilan dasar pada siswa, serta dapat meningkatkan pendidikan dan prestasi akademik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi program tahfidz Al-Qur’an dalam membentuk karakter disiplin siswa di SMP ALIRSYAD Pemalang dan apa saja faktor yang mendukung dan menghambat Program Tahfidz Al-Qur’an dalam membentuk karakter disiplin siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program tahfidz Al-Qur’an dalam membentuk karakter disiplin siswa di SMP AL-IRSYAD Pemalang dan untuk mengetahui apa saja faktor yang mendukung dan menghambat Program Tahfidz Al-Qur’an dalam membentuk karakter disiplin siswa. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama: implemtasi program tahfidz al-Qur’an di SMP Al-Irsyad Pemalang sudah berjalan dengan baik bisa dilihat dengan proses hafalan, metode yang digunakan dan keterlibatan guru dalam melaksanakan program karena mereka sendiri yang terlibat langsung dalam perencanaan program tahfidz al-Qur’an dan program tahfidz al-Qur‟an ini berimplikasi terhadap terbentuknya karakter siswa menjadi lebih baik seperti disiplin dalam waktu setoran hafalan, bertanggung jawab terhadap hafalannya dilihat dari siswa sealalu muroja’ah hafalan agar tidak mudah dilupakan dan berimplikasi terhadap perilaku siswa yang sopan santun terhadap bapak/ibu guru. Kedua: Pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an dapat terlaksana dengan baik karena adanya faktor pendukung dan dari lingkungan belajar yang baik, perhatian guru dan juga dukungan dari orangtua saat dirumah, serta fasilitas yang cukup memadai dan kegiatan diluar KBM. Selain itu juga ada faktor penghambat yaitu perbedaan kemampuan hafalan, kurangnya perhatian keluarga, hari libur semester dan rasa malas.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Program Tahfidz Al-Qur’an dan Karakter Disiplin | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
| Depositing User: | Ridho Aji Anggana | ||||||||
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 02:23 | ||||||||
| Last Modified: | 23 Dec 2025 02:23 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17035 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
