Peran Guru PAI Dalam Pembinaan Kepribadian Muslim Siswa di SMPN 02 Kandeman-Batang. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan

Burhanudin, Burhanudin (2021) Peran Guru PAI Dalam Pembinaan Kepribadian Muslim Siswa di SMPN 02 Kandeman-Batang. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI.

[img] Text
2021214473_Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2021214473_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2021214473_Lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Salah satu permasalahan mendasar yang dihadapi oleh dunia pendidikan zaman sekarang adalah persoalan mengenai akhlak atau moral. Persoalan-persoalan lainnya bersumber dari persoalan tersebut. Oleh karena itu, penanaman karakter sejak usia anak-anak sangatlah penting guna mengatasi masalah-masalah seperti itu. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui: Peran Guru PAI dalam Pembinaan kepribadian Muslim siswa di SMPN 02 Kandeman Batang serta Faktor Pendukung dan Penghambatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendiskripsikan Peran Guru PAI dalam Pembinaan Kepribadian Muslim di SMPN 02 Kandeman Batang. Mengetahui Faktor Pendukung dan faktor Penghambat Peran Guru PAI dalam Pembinaan Kepribadian Muslim di SMP N 02 Kandeman Batang. Kegunaan penelitian ini secara teoritis untuk menambah dan memperkaya hasanah keilmuan dunia pendidikan agama Islam dalam hal pembentukan kepribadian muslim, memberi sumbangan data ilmiah di bidang pendidikan bagi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pekalongan. Secara praktis sebagai bahan masukan atau informasi tambahan bagi, SMPN 02 Kandeman Batang agar dapat menjadi bahan pertimbangan untuk memaksimalkan pembinaan kepribadian muslim siswa melalui kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field Research), teknik pengumpulan datanya dengan melakukan interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan di dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah memperhatikan secara keseluruhan aktivitas siswa-siswa, menyesuaikan diri dengan karakter-karakter siswa, guru merupakan tauladan atau contoh untuk siswa. Faktor pendukung diantaranya sarana dan prasarana, tumbuhnya kesadaran siswa. Faktor penghambat kurangnya kesadaran dan motivasi siswa, munculnya rasa malas, bosan, acuh tak acuh, serta kurang kesadaran dan pengawasan dari orang tua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuthoin, MuthoinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru, Kerpibadian Muslim.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 23 Dec 2025 03:05
Last Modified: 23 Dec 2025 03:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17050

Actions (login required)

View Item View Item