Nazila, Hikmatun (2020) Pengaruh Pelaksanaan PPL FTIK IAIN Pekalongan Angkatan Xlix Terhadap Kecerdasan Verbal Linguistik Mahasiswa. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Bab I - V.pdf Download (2MB) |
|
Text
Full Teks.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Saat ini, seringkali muncul pertanyaan mengenai 4 kompetensi yang dimiliki guru terutama pada guru PAI, antara lain kompetensi pedagogis, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, dan kompetensi profesional. Untuk mengantisipasi persoalan tersebut, Jurusan Pendidikan Agama Islam FTIK IAIN Pekalongan telah melaksanakan proses pembelajaran bagi mahasiswa tentang landasan dasar pengembangan profesi guru yang disebut dengan PPL. Dalam pelaksanaannya, tentunya dibutuhkan pemahaman mengenai keterampilan mengajar serta kemampuan berbahasa yang baik dalam menjelaskan materi yang disebut dengan kecerdasan verbal linguistik yakni bagian dari kecerdasan majemuk (multiple intelligence) yang dipelopori oleh Howard Gardner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai pelaksanaan PPL FTIK IAIN Pekalongan angkatan XLIX dan untuk mengetahui kecerdasan verbal linguistik mahasiswa. Kegunaan penelitian secara teoritis yaitu sebagai tambahan wacana keilmuan, sedangkan kegunaan secara praktis yaitu sebagai bahan informasi bahwa pada pelaksanaan PPL dapat meningkatkan kecerdasan verbal linguistik mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di 6 sekolah sebagai sampel penelitian yang terdiri dari 66 responden dan menggunakan teknik disproportionate stratified random sampling. Responden dalam penelitian ini yaitu 8 guru pamong (PAI) dan 58 mahasiswa PPL dengan teknik analisis data berupa analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan PPL FTIK IAIN Pekalongan angkatan XLIX tergolong kategori sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil skor rata-rata angket sebesar 87,32% dengan hasil skor maksimal sebanyak 3.960 dan skor minimal sebanyak 990. 2) Kecerdasan verbal linguistik mahasiswa tergolong kategori sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil skor rata-rata angket sebesar 83,33% dengan skor maksimal sebanyak 3.960 dan skor minimal sebanyak 990. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pelaksanaan PPL FTIK IAIN Pekalongan angkatan XLIX terhadap kecerdasan verbal linguistik mahasiswa. Hal ini dibuktikan melalui hasil nilai thitung sebesar 10,932 > ttabel sebesar 1,997733 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka ho ditolak. Selain itu, nilai R Square diperoleh hasil sebesar 0,651 yang berarti bahwa pelaksanaan PPL memiliki pengaruh terhadap kecerdasan verbal linguistik mahasiswa sebesar 65,1%. Sedangkan sisanya sebesar 34,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang juga berpengaruh terhadap kecerdasan verbal linguistik mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan PPL, Kecerdasan Verbal Linguistik | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X0.9 Islam dan Bidang Lainnya | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Rizi Jawani | ||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2022 03:42 | ||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2022 03:42 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1708 |
Actions (login required)
View Item |