Relevansi Program Pembiasaan Membaca Kitab Risālah ta’limul mubtadi‘in fi ‘aqoid ad-dῖn Dalam Menumbuhkan Nilai Aqidah Pada Siswa Kelas IX Di SMP N 1 Karangdadap Kabupaten Pekalongan

Nahlah, Anita (2021) Relevansi Program Pembiasaan Membaca Kitab Risālah ta’limul mubtadi‘in fi ‘aqoid ad-dῖn Dalam Menumbuhkan Nilai Aqidah Pada Siswa Kelas IX Di SMP N 1 Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI.

[img] Text
2021116225_Bab1&5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2021116225_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2021116225_Lampiran.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat, serta banyaknya aliran-aliran di luar ajaran aqidah yang benar dapat mengurangi nilainilai pada diri para peserta didik. Karena pada dasarnya aqidah tidak hanya merupakan ukuran (standar) untuk mengukur perilaku seseorang itu sesuai atau tidak, akan tetapi aqidah itupun merupakan titik tolak untuk seseorang berperilaku. Jika hal ini kurang diperhatikan, maka yang akan terjadi adalah penurunan nilai-nilai keagamaan. Maka, kegiatan pembiasaan membaca kitab risālah ta’limul mubtadi‘in fi ‘aqoid ad-dῖn menjadi salah satu solusi dari penyelesaian masalah tersebut apabila relevan dalam menumbuhkan nilai aqidah. Adapun rumusan masalahnya: 1) bagaimana pelaksanaan program pembiasaan membaca kitab risālah ta’limul mubtadi‘in fi ‘aqoid ad-dῖn di SMP N 1Karangdadap?, 2) bagaimana relevansi program pembiasaan membaca kitab risālah ta’limul mubtadi‘in fi ‘aqoid ad-dῖn dalam menumbuhkan nilai aqidah pada siswa kelasIX di SMP N 1 Karangdadap Kabupaten Pekalongan?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi lapangan dan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data penelitian ini berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis hasil penelitian, peneliti menggunakan model interaktif milk miles dan huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan program pembiasaan membaca kitab risālah ta’limul mubtadi‘in fi ‘aqoid ad-dῖn di SMP N 1 Karangdadap berjalan dengan baik namun masih perlu disempurnakan, dalam pelaksanaan pembiasaan terdapat 3 langkah yang dilakukan sekolah dalam pelaksanaan program tersebut yaitu perencanaan dengan mengadakan rapat dewan guru. Kedua, yaitu pelaksanaan program pembiasaan membaca kitab risālah ta’limul mubtadi‘in fi ‘aqoid ad-dῖn. Ketiga, adalah evaluasi diadakan setelah kegiatan dan diakhir semester. Dalam hal ini terdapat relevansi program pembiasaan membaca kitab risālah ta’limul mubtadi‘in fi ‘aqoid ad-dῖn dalam menumbuhkan nilai aqidah pada peserta didik kelas IX di SMP N 1 karangdadap kabupaten pekalongan. Dapat dilihat dari perubahan yang ada pada diri siswa mulai dari segi hafalan, pemahaman dan perubahan sikap yang lebih jujur, santun, dan sering mengikuti sholat dhuhur berjamaah disekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFathudin, Ahmad UbaediUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan membaca, Kitab Risālah ta’limul mubtadi‘in fi ‘aqoid ad-dῖn, dan Nilai Aqidah.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 23 Dec 2025 07:45
Last Modified: 23 Dec 2025 07:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17082

Actions (login required)

View Item View Item