Peran Lingkungan Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Madrasah Diniyah Al-Ukhuwah Desa Galang Pengampon Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan

Lizam, Agus (2021) Peran Lingkungan Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Madrasah Diniyah Al-Ukhuwah Desa Galang Pengampon Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI.

[img] Text
2021116202_Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2021116202_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2021116202_Lampiran.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Di Madrasah Diniyah Al-Ukhuwah peserta didik masih kurang memiliki motivasi belajar, hal ini bisa dilihat dari masih ada peserta didik yang sikap disiplin belajarnya masih rendah, masih ada peserta didik yang tidak masuk ke sekolah tanpa keterangan, beberapa peserta didik yang tidak memperhatikan guru karena ada teman yang mengganggu pada saat kegiatan belajar mengajar, terkadang dalam proses pembelajaran guru tidak menggunakan metode yang menarik untuk siswa dan sarana prasarana yang kurang memadai menurut pengamatan dari peneliti yang mana hal tersebut bisa mempengaruhi motivasi belajar peserta Rumusan masalah 1) Bagaimana peran lingkungan sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di Madrasah Diniyah Al-Ukhuwah Desa Galang Pengampon, Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat peran lingkungan sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di Madrasah Diniyah Al-Ukhuwah Desa Galang Pengampon, Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yaitu kepala madrasah, guru, orang tua dan peserta didik. sumber sekunder yaitu data, dokumen, buku, jurnal dan hasil penelitian sebelumnya. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui pengabungan dari sumber data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran lingkungan sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di Madrasah Diniyah Al-Ukhuwah ada yang positif dan ada pula yang negatif. Peran lingkungan sekolah yang positif merupakan kondisi lingkungan yang kondusif, jauh dari keramaian dan bersih. Suasana belajar yang tenang karena jauh dari keramaian, hubungan antar siswa berlangsung baik tanpa ada konflik, guru sebagai panutan selalu menunjukkan perilaku terpuji dan selalu memberikan nasehat setiap ada kesempatan kepada siswanya. Peran lingkungan sekolah yang negatifnya adalah kurangnya ruang kelas yang mengakibatkan adanya peserta didik yang belajar di rumah-rumah warga. 2) Faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik adalah: adanya dukungan penuh dari Kepala Madrasah, adanya kesadaran dari peserta didik, dukungan pendidik sejawat dan Tenaga Pendidik adanya motivasi dari Orang Tua. Sedangkan faktor penghambatnya yakni: sarana prasarana yang belum mencukupi, kemampuan dalam memahami pembelajaran yang berbedabeda, penetuan ruang belajar atau kelas, beberapa anak yang kurang semangat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuslih, MohUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 24 Dec 2025 01:44
Last Modified: 24 Dec 2025 01:44
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17103

Actions (login required)

View Item View Item