Pengaruh Kebiasaan Membaca Surat Yasin Sebelum Pembelajaran Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas VII Di MTs Ishthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Kota Pekalongan

Syarifah, Ilma (2021) Pengaruh Kebiasaan Membaca Surat Yasin Sebelum Pembelajaran Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas VII Di MTs Ishthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2117157 -Bab1&5.pdf

Download (16MB)
[img] Text
2117157 - Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)
[img] Text
2117157 - Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

. Dalam instansi pendidikan yang berbasis keagamaan hendaknya menerapkan kegiatan pembiasaan yang dapat menumbuhkan jiwa religius seseorang salah satunya kecerdasan spiritual. Karena sesuatu yang terus-menerus yang dibiasakan akan selalu tertanam pada diri seorang siswa. Namun, hal itu belum sejalan, dapat dilihat dari banyaknya permasalahan yang ada dilapangan diantaranya yaitu 1) masih banyak instansi pendidikan yang berbasis keagamaan yang belum menerapkan kegiatan pembiasaan baik sebelum pembelajaran maupun sesudah pembelajaran. 2) masih rendahnya tingkat kecerdasan spiritual siswa dalam pendidikan keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebiasaan membaca surat Yasin sebelum pembelajaran, untuk mengetahui tingkat kecerdasan spiritual siswa kelas VII dan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan membaca surat Yasin sebelum pembelajaran terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas VII di MTs Ishthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Kota Pekalongan. Penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan maupun pengetahuan terutama dalam bidang ilmu pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, kebiasaan membaca surat Yasin sebagai variabel bebas dan kecerdasan spiritual siswa sebagai variabel terikat. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Ishthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Kota Pekalongan sebanyak 215 siswa dengan sampel yang diambil adalah 68 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji hipotesis, dan uji regresi linear sederhana. Hasil perhitungan terdapat pengaruh kebiasaan membaca surat Yasin sebelum pembelajaran terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas VII di MTs Ishthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Kota Pekalongan. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan thitung adalah 10,545 dan ttabel pada taraf signifikan 1% adalah 2,384. Dari hasil ini dapat dirumuskan bahwa nilai thitung sebesar 10,545 > nilai ttabel sebesar 2,384. Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% adalah 1,668, dapat dirumuskan nilai thitung sebesar 10,545 > dari nilai ttabel sebesar 1,668. Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIrsyad, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Membaca Surat Yasin dan Kecerdasan Spiritual Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 24 Dec 2025 02:19
Last Modified: 24 Dec 2025 02:19
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17112

Actions (login required)

View Item View Item