Adawiyah, Hanah Robiatul (2021) Strategi pembelajaran pendidikan agama islam di masa pandemi covid 19 bagi siswa kelas VII SMP Salafiyah Kauman Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2117133_Bab1&5.pdf Download (509kB) |
|
|
Text
2117133_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (763kB) |
|
|
Text
2117133_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
Abstract
Guru merupakan salah satu tokoh yang sangat berpengaruh dalam sebuah sistem pendidikan karena guru memegang kendali dalam pelaksanaan pembelajaran. Pembelajaran dapat berjalan dengan baik apabila strategi yang digunakan tepat oleh karena itu seorang guru pendidikan agama Islam harus mempunyai strategi yang tepat terutama di masa pandemi covid 19 agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Rumusan masalah dalam ini adalah 1) Bagaimana strategi pembelajaran pendidikan agama islam di masa pandemi covid 19 bagi siswa kelas VII SMP Salafiyah Kauman Pekalongan? 2) Apa saja faktor penghambat dan pendukung pembelajaran pendidikan agama Islam di masa pandemi covid 19 bagi siswa kelas VII SMP Salafiyah Kauman Pekalongan? 3) Bagaimana keefektifan dalam penggunaan strategi pembelajaran PAI di masa pandemi covid 19 bagi siswa kelas VII SMP Salafiyah Kauman Pekalongan? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran pendidikan agama islam serta faktor penghambat dan pendukung pembelajaran pendidikan agama Islam di masa pandemi covid 19 bagi siswa kelas VII SMP Salafiyah Kauman Pekalongan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini, 1) Strategi yang digunakan oleh guru PAI kelas VII cukup beragam didasarkan kepada kebutuhan dan tujuan pembelajaran. Hal itu dikarenakan adanya peraturan pemerintah yang mengkehendaki sistem study from home membuat guru harus menggunakan strategi baru seperti penggunaan video pembelajaran pendidikan agama Islam, penggunaan whatsapp grub sebagai media pembelajaran, penggunaan google claccroom dan juga penggunaan e-learning guna menunjang pembelajaran yang ditujukan kepada terlaksananya proses pembelajaran dan pemenuhan hak belajar siswa. 2) Ada beberapa faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan strategi pembelajaran PAI meliputi : Peran guru, motivasi siswa, subsidi kuota. 3) Dari beberapa strategi yang digunakan guru PAI kelas VII video pembelajaran melalui WA grub lah yang paling efektif.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam. | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
| Depositing User: | Akhiroh Ghufron | ||||||||
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 02:46 | ||||||||
| Last Modified: | 24 Dec 2025 02:46 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17120 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
