Problematika Pembelajaran PAI Dengan Metode Demonstrasi Kelas VII Materi Shalat Jamak Dan Qasar di SMP N 01 Karanganyar Kabupaten Pekalongan

Solikhatun, Solikhatun (2021) Problematika Pembelajaran PAI Dengan Metode Demonstrasi Kelas VII Materi Shalat Jamak Dan Qasar di SMP N 01 Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI.

[img] Text
2021115126_Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2021115126_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2021115126_Lampiran.pdf

Download (994kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Untuk mencapai sebuah Pendidikan Agama Islam tentunya tidak mudah dan banyak masalah yang timbul. Masalah yang timbul dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah pelaksanaan proses pembelajaran. Oleh karena itu dari pihak sekolah atau penyelenggara Pendidikan harus bisa mengelola agar masalah yang timbul bisa diatasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1)Apa saja problematika pembelajaran PAI dengan metode demonstrasi kelas VII materi sholat jamak dan qasar di SMP N 01 Karanganyar Kabupaten Pekalongan, 2)Solusi problematika pembelajaran PAI dengan metode demonstrasi kelas VII materi sholat jamak dan qasar di SMP N 01 Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui problematika pembelajaran PAI dengan metode demonstrasi kelas VII materi sholat jamak dan qasar di SMP N 01 Karanganyar Kabupaten Pekalongan, dan untuk mengetahui solusi problematika pembelajaran PAI dengan metode demonstrasi kelas VII materi sholat jamak dan qasar di SMP N 01 Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Metode penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Cara untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu dengan tekhnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Adapun populasi yang digunakan dalam penelitian ini ialah Guru PAI dan Siswa-siswi kelas VII di SMP N 01 Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Hasil penelitian menunjukan bahwa problematika yang berasal dari peserta didik yaitu masih ada siswa yang belum paham dalam pembelajaran yang di berikan oleh guru, masih ada siswa yang belum lancar dalam membaca Al-Qur’an sehingga mempengaruhi bacaan dalam praktek shalat jamak dan qasar, Peserta didik memiliki motivasi yang rendah, serta siswa yang tidak terbiasa melaksanakan shalat, dari pendidik yaitu Pendidik belum begitu memahami dalam menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran, Waktu dalam pembelajaran PAI terbatas, sarana prasarana yaitu terbatasnya jumlah mukenah, sajadah, dan peci, dan lingkungan yaitu kurangnya perhatian orang tua dalam hal Agama. Solusi dari permasalahan ini yaitu dari guru selalu memberikan nasehat kepada peserta didik agar semangat dalam mengikuti pelajaran, akan lebih mendalami metode demonstrasi dalam pembelajaran, menyiapkan sarana dan prasarana yang memadai dalam pembelajaran, serta melakukan pertemuan dengan orang tua siswa mengenai perkembangan belajarnya di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAfroni, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problematika Pembelajaran PAI, Metode Demonstrasi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 24 Dec 2025 02:48
Last Modified: 24 Dec 2025 02:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17122

Actions (login required)

View Item View Item