Pola Asuh Orang Tua dalam Membina Anak Membaca AlQur'an di TPQ AL-HIDAYAH Kelurahan Kandang Panjang Kota Pekalongan

Izzah, Nailal (2021) Pola Asuh Orang Tua dalam Membina Anak Membaca AlQur'an di TPQ AL-HIDAYAH Kelurahan Kandang Panjang Kota Pekalongan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI.

[img] Text
2117355_Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2117355_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2117355_Lampiran.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Pola asuh orang tua dalam keluarga sangat menentukan kepribadian dan kesuksesan seorang anak. Pada dasarnya pola asuh dalam suatu keluarga berbedabeda antara satu keluarga dengan keluarga yang lainnya. Perbedaan pola asuh dalam keluarga tersebut yang membuat anak memiliki karakter yang berbeda-beda didalam kehidupan sehari-hari. Belajar membaca Al-Qur’an pada seorang anak tidak lepas dari motivasi yang diberikan oleh orang tua. Di era globalisasi ini sangat diperlukan bagi anak-anak untuk belajar Al-Qur’an untuk membentengi diri mereka jika sudah dewasa kelak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pola asuh orang tua dalam membina anak membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Hidayah Kelurahan Kandang Panjang Kota Pekalongan (2) Apa saja faktor pendorong dan penghambat pola asuh orang tua dalam membina anak membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Hidayah Kelurahan Kandang Panjang Kota Pekalongan. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan pola asuh orang tua dalam membina anak membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Hidayah Kelurahan Kandang Panjang Kota Pekalongan, (2) Untuk menganalisis faktor pendorong dan faktor penghambat pola asuh orang tua dalam membina anak membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Hidayah Kelurahan Kandang Panjang Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan konsep yang dicetuskan oleh Miles dan Huberman yaitu melalui proses reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Pola asuh yang diterapkan wali santri TPQ Al-Hidayah Kelurahan Kandang Panjang Kota Pekalongan adalah pola asuh otoriter, pola asuh demokratis, dan pola asuh permisif. (2) Faktor pendorong pola asuh orang tua dalam membina anak membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Hidayah Kelurahan Kandang Panjang Kota Pekalongan adalah faktor kepribadian orang tua, faktor keyakinan, faktor persamaan dengan pola asuh yang diterima orang tua, dan faktor kemampuan anak. Faktor penghambat pola asuh orang tua dalam membina anak membaca AlQur’an di TPQ Al-Hidayah Kelurahan Kandang Panjang Kota Pekalongan adalah faktor lingkungan tempat tinggal, faktor kepribadian orang tua dan ketegangan orang tua, dan faktor kondisi sosial ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFathudin, Ubaedi AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Membina Anak Membaca Al-Qur’an
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 24 Dec 2025 03:28
Last Modified: 24 Dec 2025 03:28
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/17129

Actions (login required)

View Item View Item